Share

3 Tokoh Nasional yang Dikenal Ramah, Fatmawati Salah Satunya

Tika Vidya Utami, Litbang Okezone · Selasa 15 November 2022 05:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 14 337 2707090 3-tokoh-nasional-yang-dikenal-ramah-fatmawati-salah-satunya-4QwwR8lZZP.jpg Fatmawati (Foto: Istimewa)

DI mata dunia, Indonesia dikenal karena keramahannya. Sifat orang Indonesia yang ramah ini adalah perwujudan dari nilai kebudayaan yang ada di masyarakat.

Terdapat beberapa tokoh nasional yang dikenal ramah. Berikut daftarnya:

1. Fatmawati

Mempunyai nama asli Fatimah, Fatmawati adalah ibu negara pertama Indonesia. Fatmawati lahir pada 5 Februari 1923 dari pasangan Hassan Din dan Siti Chadijah. Fatmawai dikenal sebagai perempuan yang ramah, gigih, serta mudah bergaul.

Hal tersebut ikut membangkitkan semangat rakyat Indonesia untuk melawan penjajah. Ia juga turut berperan dalam proses kemerdekaan Indonesia. Fatmawati adalah seorang ibu negara yang menjahit bendera merah putih yang dikibarkan ketika proklamasi kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945.

2. BJ Habibie

BJ Habibie adalah presiden Indonesia ketiga. Sosoknya dikenal ramah, termasuk oleh para tetangganya. Menurut Yanto, petugas keamanan yang berjaga di rumah Habibie yang berada di Patra Kuningan, Habibie adalah tokoh yang ramah serta supel kepada siapa pun. Yanto pun kerap disapa saat berolahraga di pagi hari.

Saat Yanto sedang bersih-bersih, Habibie suka lewat untuk olahraga dan menyapanya. Hal itu tentu membuat Yanto berkesan. Selain itu, Habibie juga dikenal baik hati. Setiap bulan puasa, Habibie sering membagikan nasi kotak ke masjid.

Follow Berita Okezone di Google News

3. Gus Dur

Presiden keempat Indonesia ini merupakan sosok yang ramah. Hal itu diungkapkan oleh seorang wartawan yang pernah bertugas di Istana Kepresidenan. Menurut wartawan bernama Bakir, Gus Dur merupakan sosok presiden yang ramah kepada media. Gus Dur adalah presiden yang gampang untuk dicegat guna diminta keterangannya. Selain itu, Gus Dur mempunyai sikap santai.

Para wartawan bahkan sering diajak mengobrol oleh Gus Dur. Selain kedekatannya dengan wartawan, Gus Dur merupakan seorang yang berpendirian teguh.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini