Share

3 Skill Wajib Prajurit Kopassus, di Antaranya Menembak dan Memanah

Ajeng Wirachmi, Litbang Okezone · Senin 14 November 2022 07:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 13 337 2706574 3-skill-wajib-prajurit-kopassus-di-antaranya-menembak-dan-memanah-euJBlhC2n9.jpg Ilustrasi (Foto : kopassus.mil.id)

KOPASSUS atau Komando Pasukan Khusus adalah pasukan elite milik TNI AD yang sangat disegani. Untuk dapat menjadi prajuritnya, seseorang wajib memiliki keahlian atau skill, mulai dari bela diri hingga memanah.

Berikut adalah 3 skill yang wajib dimiliki prajurit Kopassus.

1. Bertempur di Segala Medan

Kemampuan yang harus dimiliki oleh prajurit pasukan elit seperti Kopassus adalah dapat bertempur di segala medan perang, baik itu darat, laut, maupun udara.

Selain itu, mereka juga wajib menguasai berbagai taktik dan teknik ilmu perang khusus demi menunjang keberhasilan bertarung di beragam medan tersebut.

Saat mengikuti tahap seleksi, calon anggota mendapatkan pelatihan bertahan hidup di tengah hutan hingga melakukan perjalanan panjang dari Bandung ke Cilacap. Selanjutnya, ada tahap rawa laut yang meliputi latihan pelolosan, pendaratan dengan perahu karet, renang ponco, dan bertahan hidup di laut. Untuk di udara, calon pasukan juga diberi bekal terjun payung.

2. Menembak dan Memanah

Menembak juga menjadi keahlian wajib prajurit Kopassus. Melansir laman resmi Kopassus, seorang anggota Kopassus harus memiliki nilai tembak 90 pada 3 sikap, yakni duduk, berdiri, maupun tiarap. Tentunya, diimbangi dengan fisik prima yang terus dilatih.

Selain itu, prajurit Kopassus juga wajib mampu menggunakan berbagai jenis senjata, seperti senapan, senjata tradisional berupa sumpit panjang, dan pistol.

Tidak hanya menembak, keahlian memanah juga bisa menjadi bekal yang baik bagi prajurit. Dua keahlian ini nantinya akan sangat membantu mereka jika berada di tengah pertempuran.

3. Bela Diri

Bela diri dan piawai dalam berkelahi merupakan keahlian utama yang harus dimiliki prajurit Kopassus. Setidaknya, ada 5 jenis bela diri yang wajib dikuasai para prajurit Kopassus, yakni Merpati Putih, Yong Moo Do, Kung Fu, Karate, dan Tarung Drajat.

Merpati Putih, misalnya, jenis bela diri asli Indonesia ini tidak hanya digunakan Kopassus, namun juga berbagai pasukan khusus lainnya di tubuh TNI. Dalam Merpati Putih, seseorang akan memiliki kemampuan bertempur dengan tangan kosong dan tenaga dalam, dengan menggunakan teknik olah pernapasan.

Sementara itu untuk Tarung Drajat, sang pendiri, Ahmad Drajat, pernah melatih secara langsung Kostrad dan Kopassus. Bela diri yang juga disebut sebagai AA Boxer ini melatih seseorang untuk menahan kerasnya pukulan dan menggunakan kepala untuk memecahkan batako.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini