Share

3 Alasan Orang Jadi Kurir Narkoba, Demi Uang hingga Ajang Pembuktian

Risa Maharani Putri, MNC Portal · Sabtu 12 November 2022 07:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 11 337 2705508 3-alasan-orang-jadi-kurir-narkoba-demi-uang-hingga-ajang-pembuktian-iX8rFU8SWN.jpg Ilustrasi (Foto : Legacy Healing Center)

PEREDARAN narkoba masih terjadi di Indonesia. Para pengedar biasanya menjadi salah satu sindikat kelompok yang memperjual belikan narkoba itu sendiri. Padahal, seluruh oknum yang terlibat dalam kasus narkoba, baik pengguna, penjual, maupun pengedar, dapat dijatuhi hukuman yang berat bahkan hingga hukuman mati.

Aturan mengenai pengedar narkoba tercantum dalam Undang-Undang No.35 Tahun 2009 tentang Narkotika yang mengatakan bahwa pecandu dan pengedar dapat dikenai sanksi pidana penjara, denda, rehabilitasi medis dan sosial, hingga pidana mati. Hukuman atau sanksi tersebut tidak digolongkan berdasarkan jenis narkotikanya, melainkan subjek pelakunya, yakni apakah termasuk pengguna, pengedar, produsen, atau mengendalikan.

Lantas apa yang membuat seseorang menjadi kurir narkoba?

1. Asal Dapat Kerjaan

Kasus pengedaran yang terjadi di Indonesia rata-rata didasari oleh kebutuhan ekonomi. Pengedar atau kurir narkoba umumnya mengambil pekerjaan tersebut dengan alasan ekonomi. Desakan untuk memenuhi kebutuhan hidup kadang membuat orang tak berpikir panjang.

Asalkan memperoleh upah dari pekerjaannya, pekerjaan apa pun dilakukan, sekalipun itu termasuk bisnis yang haram. Seiring berjalannya waktu, mereka yang menjadi kurir narkoba dapat terjerumus untuk memakai barang terlarang itu pula.

2. Demi uang

Menjadi kurir narkoba bisa disebabkan karena tergoda akan iming-iming uang yang dijanjikan. Upah yang didapat sebagai kurir narkoba memang cukup besar. Mulai dari ratusan ribu hingga ratusan juta rupiah.

Biasanya besar tarif tersebut tergantung pada berat narkoba yang dibawa dan jarak pengantaran atau penjemputan. Semakin berat jumlah narkoba dan semakin jauh jaraknya, maka akan semakin pula mahal pula upah yang dibayarkan.

(Halaman 2, Ajang Pembuktian)

Follow Berita Okezone di Google News

3. Ajang pembuktian

Ada pula orang yang menjadi kurir dengan alasan sebagai ajang pembuktian diri. Saat ini, kurir narkoba juga dilakukan oleh kalangan anak-anak. Anak-anak yang sedang dalam masa pencarian jati diri itu akan mendapatkan kepuasan jika mereka berhasil melakukan pekerjaan orang dewasa. Apalagi jika mereka mendapat pujian, dibilang bagus, hebat, dan semacamnya.

Pekerjaan sebagai kurir narkoba ini sangat tinggi risikonya. Mereka dihadapkan pada dua pilihan, berhasil mengantar sampai selamat atau tertangkap lalu masuk ke dalam penjara. Untuk itu, para kurir narkoba melakukan berbagai cara agar misinya berhasil. Jika berhasil, mereka pun tampil sebagai ‘sosok hebat’ dan mendapat apresiasi tinggi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini