Share

3 Provinsi Baru Papua Diresmikan, Komnas HAM : Semoga Kondisi Sosial-Politik Bisa Stabil

Martin Ronaldo, MNC Portal · Jum'at 11 November 2022 12:46 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 11 337 2705436 3-provinsi-baru-papua-diresmikan-komnas-ham-semoga-kondisi-sosial-politik-bisa-stabil-l7o86xD1jk.jpg Ilustrasi (Foto : Okezone.com)

JAKARTA - Mendagri Tito Karnavian meresmikan tiga Provinsi DOB (daerah otonomi baru) di Papua. Daerah tersebut yaitu Provinsi Papua Selatan, Provinsi Papua Tengah, dan Provinsi Papua Pegunungan. Sejumlah pihak pun turut memberikan dukungan dan tak jarang memberikan masukan agar pemekaran wilayah baru tersebut dapat berjalan dengan baik.

Salah satu pihak yang memberikan dukungan adanya Provinsi baru tersebut yakni Komnas HAM. Wakil Ketua Komnas HAM, Amiruddin mengatakan menyambut baik dengan diresmikannya tiga DOB tersebut.

"Mudah-mudahan dengan adanya 5 provinsi itu, pelayanan pemerintah kepada penduduk Papua yang sekitar 5 juta jiwa menjadi lebih baik," ujarnya kepada wartawan, Jumat (11/11/2022).

Menurut Amiruddin sektor utama yang harus diperbaiki oleh pemerintah nantinya yaitu dari sektor pelayanan publik terutama dibidang pendidikan dan kesehatan masyarakat yang berada di Papua.

"Terutama pelayanan dasar, seperti kesehatan, pendidikan dan perekonomian. Serta perlindungan dan pemenuhan HAM juga bisa membaik. Serta aksi-aksi kekerasan yang belakangan ini kerap terjadi, kedepan bisa bisa berkurang," tegasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Amiruddin juga berharap agar dengan adanya penambahan wilayah di Indonesia Timur terutama di Papua, diharapkan kondisi sosial-politik yang ada disana lambat laun dapat stabil dan teratasi.

"Kehadiran 3 provinsi baru ini, juga diharapkan memperbesar ruang partisipasi warga di Papua dalam penyelenggaraan kepemerintahan bisa berjalan maksimal. Kondisi sosial-politik juga bisa lebih stabil," jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini