Share

Pengacara Ricky Rizal Minta Hakim Periksa Saksi secara Terpisah

Ari Sandita Murti, MNC Portal · Rabu 09 November 2022 11:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 09 337 2703849 pengacara-ricky-rizal-minta-hakim-periksa-saksi-secara-terpisah-BPR10hcDcg.jpg Ajudan Ferdy Sambo jalani pemeriksaan sebagai saksi di persidangan (Foto: MPI)

JAKARTA - Tim pengacara terdakwa Ricky Rizal Wibowo dan Kuat Maruf meminta majelis hakim agar memeriksa 10 saksi di sidang dugaan pembunuhan Brigadir J pada Rabu (9/11/2022) dilakukan secara terpisah.

Lalu, majelis hakim lantas memutuskan saksi diperiksa sacara berkelompok.

"Kalau misalkan digabung, paling satu ajudan dengan ART supaya tidak mendengar karena mereka kemungkinan saling mendengar. Karena itu saya usulkan kita saksi secara terpisah (diperiksa)," ujar pengacara Ricky, Erman Umar.

Hakim berniat memeriksa 10 orang saksi secara bersamaan lantaran dalam perkara Bharada E, Ferdy Sambo, dan Putri Candrawathi para saksi itu sudah diperiksa secara terpisah. Adapun keterangan para ajudan dan ART tersebut tidak berubah sejak pertama kali diperiksa hingga untuk yang ketiga kalinya ini.

Baca juga: Sidang Lanjutan Ricky Rizal dan Kuat Maruf Hari Ini, 10 Saksi Dihadirkan Termasuk ART Susi

"Pada keterangan ini kenapa kami gabungkan? Karena kita sudah tahu apa keterangan saksi yang menjelaskan pada persidangan ini, khususnya untuk terdakwa. Kalau kita periksa satu-satu, ini tidak efektif saudara penasihat hukum," kata hakim.

Baca juga: 4 Fakta Kesaksian Nakes untuk Ferdy Sambo, Bongkar Skenario Sebelum Habisi Brigadir J

Namun, tim pengacara bersikukuh meminta para saksi diperiksa secara sendiri-sendiri. Pasalnya, mereka tidak ingin konsentrasi dalam pemeriksaan saksi kali ini terganggu.

Follow Berita Okezone di Google News

Ketua majelis hakim, Iwan Wahyu Santoso lantas memutuskan agar persidangan dilakukan secara berkelompok. Saat ini, ada 4 orang ajudan yang tengah diperiksa dalam persidangan dengan terdakwa Kuat Ma'ruf dan Ricky Rizal.

"Baik itu saja, kita pisahkan antara ART dengan para ajudan. Silakan ajudan di sini dan ART di luar, nanti kita akan panggil (secara bergantian)," kata hakim.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini