Share

Kepala BNPT : Lawan Terorisme dengan Warung NKRI

Achmad Al Fiqri, MNC Portal · Jum'at 04 November 2022 17:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 04 337 2701079 kepala-bnpt-lawan-terorisme-dengan-warung-nkri-dW5YgVLtdY.jpg Kepala BNPT Boy Rafli Amar. (Foto : MNC Portal/Avirista Midaada)

JAKARTA - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Boy Rafli Amar membeberkan cara ampuh menangkal melawan ideologi terorisme. Salah satunya dengan pertahanan semeseta.

Pertahanan semesta dapat dilakukan dengan pendekatan soft approach melalui dialog-dialog kebangsaan di Wadah Akur Rukun Nurani Gelorakan NKRI (Warung NKRI).

"Kita lawan terorisme dengan pertahanan semesta dalam menghadapi ideologi terorisme, salah satunya melalui warung NKRI ini," ujar Boy dalam keterangan tertulisnya, Jumat (4/11/2022).

Menurutnya, perang melawan radikalisme-terorisme bukanlah dengan menggunakan alutsista, melainkan dengan penguatan rasa cinta Tanah Air bagi setiap warga. Tujuannya untuk meminimalkan potensi ancaman terorisme.

"Jadi kalau warga kita semua cinta NKRI, maka musuh negara yang namanya terorisme tidak akan pernah bisa datang dan menghinggapi seluruh elemen masyarakat Indonesia," ucapnya.

Namun, ia merasa sosialisasi ideologi kebangsaan dan membangun gerakan cinta NKRI di seluruh daerah sangat penting dan strategis. Menurutnya, kelompok teroris tidak suka dengan keberagaman.

Apalagi, ia melanjutkan, sifat kelompok teroris eksklusif dan intoleran. Hal itu bertentangan dengan apa yang sudah diajarkan leluhur bangsa.

Follow Berita Okezone di Google News

"Sudah sepatutnya generasi muda baik pelajar, mahasiswa, anggota organisasi kemasyarakatan sebagai penerus bangsa menjadi garda terdepan untuk melawan ideologi yang bertentangan dengan Pancasila," ucap Boy.

"Kita harus yakin negara kita dapat melawan virus terorisme melalui wawasan kebangsaan, revitalisasi Pancasila, Moderasi beragama, pembangunan kesejahteraan, dan penguatan akar budaya bangsa," tuturnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini