Share

Manuver Menengangkan Jupiter Aerobatik Team Lukis Simbol Hati di Langit Jakarta

Inin Nastain, Koran Sindo · Jum'at 04 November 2022 11:53 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 04 337 2700785 manuver-menengangkan-jupiter-aerobatik-team-lukis-simbol-hati-di-langit-jakarta-DTBUw6atrJ.jpg Tangkapan layar media sosial

JAKARTA- Aksi memukau diperlihatkan pilot TNI AU saat menerbangkan pesawat bersama Jupiter Aerobatik Team (JAT) Team pada Dynamic Show Vip Aircraft Tour Indo Defence Expo & Forum 2022 di Terminal Selatan Halim Perdana Kusuma Jakarta, Jumat (4/11/2022).

Terbang dengan disaksikan langsung Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, enam pesawat tempur JAT itu melakukan setidaknya 13 atraksi di langit.

 (Baca juga: 11 Pesawat N219 Laris Manis Terjual di Ajang Indo Defence 2022, TNI AD Minat Versi Militer)

Salah satu atraksi yang diperlihatkan para prajurit TNI AU itu yakni ketika enam pesawat itu membuat simbol hati. Diawali dengan terbang dari arah yang sama, dua pesawat yang masing-masing berada di ujung kiri dan kanan memisahkan diri, untuk kemudian membuat simbol hati dengan asap yang dikeluarkannya.

ist

Sementara empat pesawat JAT lainnya, melakkan penerbangan ke atas secara bersama-sama. Saat simbol hati yang dibuat dua pesawat lainnya telah sempurna, empat pesawat tersebut langsung menukik ke bawah, membelah lukisan hati tersebut, seperti layaknya anak panah menusuk logo hati.

Atraksi dari JAT sendiri ditutup dengan demo membentuk terjun payung. Dalam demo itu, enam pesawat yang sebelumnya terbang beriringan, ‘menjatuhkan diri,’ melayang dan meluncur ke bawah. Demo yang cukup membuat jantung berdegup yakni saat dua pesawat dari arah berlawanan melaju dengan kencang, seakan-akan bakal terjadi tabrakan.

Tidak hanya itu. salah satu pesawat JAT juga melakukan aksi ‘genit,’ dengan cara berlenggak-lenggok, tak ubahnya seorang seniman tari. Aksi tersbeut dilakukan dengan cara melakukan penerbvangan jigjag, terbang di belakang lima pesawat launnya, dengan cara memutari asap dari pesawat yang ada di depannya.

Kadispen AU Marsekal 1 TNI Indan Gilang mengatakan, demo membuat simbol hati merupakan atraksi baru yang diperlihatkan para pilot dari JAT itu.

“Jupiter penampilannya sedikit berbeda dengan sebelum-sebelumnya. Ada demo dari pesawat Rafale dari AU Perancis, dan juga ada Black Hawk dari AU Brunei. Untuk demo udara hanya hari ini,” kata Kadispen.

Sementara, Show Vip Aircraft sendiri berlangsung sejak tanggal 2 sampai 5 November. Event itu digelar di tiga titik di Jakarta. “Kegiatan ini dilaksanakan dari tanggal 2 sampai dengan 5 November.

Follow Berita Okezone di Google News

“Dibuka Bapak Menhan dan juga sudah dihadiri Bapak Presiden di Jiexpo Kemayoran. Ada tiga tempat, pusatnya di JIEXPO Kemayoran, kemudian Pondok Dayung untuk materi Angkatan Laut dan hari ini di Terminal Selatan di AU,” kata dia.

Lewat kegiatan itu, masyarakat bisa menyaksikan sejumlah pesawat tempur yang dimiliki TNI AU. “Jadi semua masyarakat bisa hadir. Ada registrasi (yang) sifatnya untuk keamanan. Karena ada pintu-pintu, di situ ada alutsista. Gratis,” jelas dia.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini