Share

Humor Gus Dur: Ketika Orang Indonesia Bertemu Jin Aladin

Tim Okezone, Okezone · Jum'at 04 November 2022 05:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 03 337 2700280 humor-gus-dur-ketika-orang-indonesia-bertemu-jin-aladin-mfaBORtfcO.jfif Gus Dur/Foto: Ist

JAKARTA - KH Abdurrahman Wahid atau akrab disapa Gus Dur dikenal sebagai ulama karismatik yang humoris, sehingga membuat siapa saja akan tertawa karena gaya humornya yang unik dan nyentrik.

Tapi di balik guyonannya itu, ternyata cerita lucu Gus Dur menyimpan sentilan dan sindiran. Salah satunya humor Gus Dur tentang jin dan mental orang Indonesia.

 BACA JUGA:Beraksi Sasar Pelajar, Pelaku Curanmor Ditembak Polisi

"Ada orang Indonesia yang naik kapal, kapalnya tenggelam tinggal batang kayu yang besar, di situ ada orang Prancis dan Inggris," ujar Gus Dur seperti dikutip dari Instagram @ulama.nusantara, Kamis (3/11/2022).

Ketiga orang itu pun kedinginan karena basah. Lalu, tiba-tiba ada sebuah botol yang melewati mereka, yang kemudian diambilnya. Ternyata di dalamnya ada jin Aladin yang siap mengabulkan setiap permintaan penemunya.

 BACA JUGA:Bakti untuk Negeri, RS Muhammadiyah Bandung Selatan Siap Berikan Pelayanan Kesehatan Terbaik

"Ketika diambil, ternyata di dalamnya ada jinnya, jin Aladin. Masing-masing boleh mengajukan satu permintaan," kata Gus Dur.

Diawali dengan orang Inggris yang ingin kembali ke London, karena di kota itulah ia tinggal dan istrinya pun berada di sana. Lalu jin pun mengabulkan permintaannya, dan langsung hilang.

Kemudian dilanjutkan dengan orang Prancis. Ia meminta dikembalikan ke Paris, karena keluarga, teman dan pekerjaannya berasal dari kota tersebut. Sama seperti orang Inggris dikabulkan dan menghilang.

Follow Berita Okezone di Google News

"Nah ganti orang Indonesia kan, lantas gimana?" ucapnya

Gus Dur mengatakan, orang Indonesia malah meminta hal lain, beda dengan kedua kawannya itu. Ia berkata kepada jin Aladin; "Di sini loh kok sepi. Kembalikan yang tadi,"

"Kumpul lagi haha... Itu mentalnya orang Indonesia," pungkas Gus Dur.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini