Share

Humor Gus Dur: Ngebut Dikejar Motor Gede Putih Milik Polisi

Tim Okezone, Okezone · Kamis 03 November 2022 05:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 02 337 2699528 humor-gus-dur-ngebut-dikejar-motor-gede-putih-milik-polisi-nTxkg8MLiK.jpg Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur (Foto: Istimewa/Okezone)

JAKARTAPresiden RI ke-4 KH. Abdurrahman Wahid atau biasa disapa Gus Dur diketahui kerap melontarkan humor. Tak hanya segar dan membuat orang tertawa, humor ini juga sarat akan makna.

Salah satunya adalah kisah yang diadaptasi dari buku ‘Gus Durku Gus Dur Anda Gus Dur Kita’ karya Muhammad AS Hikam (2013).

Alkisah, suatu hari Gus Dur diundang menjadi pembicara oleh Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) di Jombang, Jawa Timur. Usai acara, Gus Dur dan rombongannya langsung melaju ke arah Kota Surabaya.

Baca juga: Humor Gus Dur: Mengaku Memiliki Nenek Moyang Keturunan China

Ternyata mobil Gus Dur dibuntuti dua motor gede putih milik Polri yang tidak membunyikan sirine.

Sopir Gus Dur pun kemudian melapor tentang pengejaran yang dilakukan oleh polisi. Gus Dur pun meminta sopir tetap menyetir biasa atau jika perlu mengebut.

Baca juga: Humor Gus Dur: Ketika Ditanya Posisi Politik NU

Sang sopir pun akhirnya mengebut dan ternyata polisi juga ikut mengebut. Setelah berada di luar kota, kedua motor gede itu berhasil menyalip mobil Gus Dur.

Motor itu berhenti setelah agak jauh menyalip lalu berhenti di tengah jalan dan menghentikan mobil Gus Dur. Hal itu sontak membuat sopir Gus Dur mengerem mendadak untuk menghindari kecelakaan.

Follow Berita Okezone di Google News

Gus Dur pun marah besar dan membuka kaca mobil sembari menunggu kedua polisi itu mendatangi beliau.

“Ada apa?,” Gus Dur bertanya dengan nada tinggi.

“Assalamualaikum Kiai,” kata salah satu polisi,

“Ya, ini ada apa? Saya kan sudah pergi. Sana pergi kalian…,” ujar Gus Dur mencoba mencegah kedua polisi itu mendekat.

“Begini Kiai, mohon maaf saya tadi belum sempat salaman sama njenengan (Anda), jadi terpaksa saya mengikuti Kiai. Tolong Kiai, saya ingin salaman,” kata anggota polisi tersebut.

Kedua polisi itu pun lalu bersalaman dan mencium tangan Gus Dur. Setelah itu kedua polisi itu langsung tersenyum cengengesan karena berhasil salaman dengan Gus Dur.

Gus Dur langsung tertawa terbahak-bahak ketika mobilnya kembali berjalan.

“Ngono kuwi lo, Kang wong NU (begitulah orang NU). Sudah repot-repot disuruh menjaga supaya ceramah tidak sukses, eee… ujung-ujungnya pengen salaman,” ujar Gus Dur.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini