Share

Presiden Jokowi Terpilih dalam 'The World's 500 Most Influential Muslims 2023'

Susi Susanti, Okezone · Senin 31 Oktober 2022 06:34 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 31 337 2697614 presiden-jokowi-terpilih-dalam-the-world-s-500-most-influential-muslims-2023-IoMqZ2fbGb.jpg Presiden Joko Widodo (Foto: Biro Setpres)

JAKARTA – Dua orang Indonesia terpilih dalam ‘The World’s 500 Most Influential Muslims 2023’. Yakni Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf

Kedua nama ini masuk dalam top 50 Most Influential Muslims 2023. Selain Presiden Jokowi dan Ketua PBNU, ada juga beberapa nama seperti Raja Arab Saudi Salman bin Abdul-Aziz Al-Saud, Raja Yordania, Presiden Turki, dan lainnya.

Dalam uraian itu dijelaskan, Presiden Jokowi, terpilih kembali sebagai Presiden Indonesia pada April saat Pemilu 2019. Dia berhasil memenangkan 55,5% suara dan menjalani masa jabatan kedua dan terakhirnya hingga 2024.

Baca juga: Menhan Prabowo dan Presiden Jokowi Bertemu di Istana, Bahas Apa?

Presiden Jokowi memilih Ma'ruf Amin pasangannya. Ma'ruf Amin adalah pemimpin Majelis Ulama Indonesia, (MUI). Jokowi adalah presiden Indonesia pertama yang bukan dari militer atau elit politik. Dia berasal dari latar belakang yang sederhana keturunan Jawa. Ayahnya memiliki bisnis perabotan kecil, yang seringkali tidak dapat memenuhi kebutuhan. Mereka berjuang untuk memasukkannya ke universitas, dan dia lulus di bidang kehutanan. Setelah lulus, Jokowi bekerja selama tiga tahun di dinas kehutanan sebuah perusahaan negara di Aceh.

Baca juga: Timor Leste Calonkan NU untuk Nobel Perdamaian Dunia 2022, Gus Yahya: Kita Apresiasi

Kemudian dia masuk panggung politik yakni Walikota Surakarta sebelum menjadi Gubernur Jakarta pada September 2012. Sebagai walikota yang sukses, beliau menikmati hubungan dekat dengan konstituennya. Dia fokus untuk mempromosikan kota sebagai pusat budaya Jawa, tetapi juga mengembangkan sistem transportasi umum, perawatan kesehatan dan hubungan bisnis dengan masyarakat. Dia menempa reputasi sebagai sosok politisi yang 'bersih', menghindari tuduhan korupsi dan nepotisme yang menjangkiti sebagian besar politisi.

Follow Berita Okezone di Google News

Keberhasilan politiknya berlanjut dengan pemilihannya sebagai gubernur Jakarta. Dia membuat reformasi di bidang pendidikan, transportasi umum, pembenahan PKL dan pasar tradisional, dan penerapan pengendalian banjir.

Lalu dia dipilih menjadi calon presiden dari Partai PDI-P. Dia juga menikmati dukungan dari banyak musisi dan artis, dan ini sangat membantunya dalam kampanye kepresidenannya.

Dia mendapatkan berbagai penghargaan. Yakni Penghargaan Walikota Dunia 2012, ‘Top 10’ Walikota Indonesia pada 2008.

Presiden Jokowi terkenal dengan budaya blusukan. Namanya terkenal setelah melakukan kunjungan dadakan untuk melihat dan mendengar langsung dari orang-orang di komunitas lokal.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini