Share

Mahfud MD Bilang Demokrasi Indonesia Sangat Relevan

Martin Ronaldo, MNC Portal · Minggu 30 Oktober 2022 11:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 30 337 2697270 mahfud-md-bilang-demokrasi-indonesia-sangat-relevan-pt3P5ZMWep.jpg Menko Polhukam Mahfud MD (Foto : Istimewa)

JAKARTA - Menko Polhukam Mahfud MD mengatakan demokrasi di Indonesia masih relevan saat ini. Perkembangan demokrasi sejak Presiden Pertama Soekarno hingga Presiden Joko Widodo, kata dia, banyak melalui masa-masa sulit, akan tetapi dapat dilalui dengan tenang.

"Menurut saya, topik ini (demokrasi) sangat relevan dibahas saat ini, dan bahkan sangat relevan untuk peran pembangunan demokrasi untuk pemerintahan, politik dan keamanan karena itu sesuai dengan tema pertemuan Rektor kali ini yaitu menuju Indonesia Emas 2045," ujar Mahfud saat menghadiri acara Kongres Rektor Perguruan Tinggi Negeri se-Indonesia di Universitas Airlangga, Jawa Timur, Minggu (30/10/2022).

Karena itu, menurut Mahfud perlu disiapkannya pembangunan demokrasi yang sehat dan produk hukum yang bagus sesuai dengan cita-cita pendiri bangsa yang tertuang dalam alinea kedua UUD 1945.

"Yang disebutkan sebagai dasar perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia telah sampailah ke tempat yang berbahagia, menghantarkan rakyat Indonesia yang merdeka, bersatu dan sudah bersatu kita, meskipun sekarang sudah ada gejolak-gejolak polarisasi," terangnya.

Selain itu, dirinya juga mengatakan bahwa secara hukum Indonesia telah diakui berdaulat oleh seluruh pemimpin negara di Dunia ini.

"Berdaulat secara hukum kita sudah lakukan itu dan diakui oleh Dunia Internasonal. Kita menjadi subjek hukum di dunia internasional itu artinya apa bahwa kita sudah berdaulat secara politik baik itu konstitusi, maupun ekonominya masih sering dipersoalkan orang, kemudian adil dan makmur," jelasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

(aky)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini