Share

Cerita Ainun Usai Melahirkan: Habibie Bantu Cuci Piring hingga Bersihkan Popok yang Ada Isinya

Fatmawati, Okezone · Selasa 25 Oktober 2022 06:15 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 24 337 2693636 cerita-ainun-usai-melahirkan-habibie-bantu-cuci-piring-hingga-bersihkan-popok-yang-ada-isinya-n9L2Vqrwrl.jpg Mural Habibie dan Ainun di Pare-Pare/Foto: Antara

JAKARTA – Setelah Ainun pulang, kehidupan di rumah terasa sangat berubah terlebih setelah lahirnya Ilham yang memberikan kenikmatan tersendiri bagi Habibie dan Ainun. Bahkan, Ainun tak lagi muntah, tak lagi meludah dan dapat makan apa saja yang ia inginkan.

Melansir Buku Habibie & Ainun, Ainun juga mempelajari bagaimana cara menggunakan waktu secara maksimal sehingga semua pekerjaannya dapat terselesaikan dengan baik.

(Baca juga: Kisah BJ Habibie dan Ainun Beri Nama Anak Pertama, Pilihannya Nadia Fitri atau Ilham Akbar)

Dimulai dari mengatur menu murah tapi sehat, membersihkan rumah, menjahit pakaian, melakukan permainan edukatif dengan anak, menjaga suami, hingga menciptakan suasana rumah yang nyaman.

Singkatnya, semua yang Ainun lakukan ini semata-sama agar suaminya Habibie, dapat memusatkan perhatian pada tugas-tugasnya. Bahkan Ainun belajar untuk tidak mengganggu konsentrasi Habibie dengan persoalan-persoalan yang ada di rumah.

Dalam benaknya, Ainun merasa bahwa hidup pas-pasan seperti saat ini sudah bisa menciptakan kebahagiaan tersendiri. Hubungan keluarga ketiganya menjadi lebih erat. Erat dalam perasaan dan erat dalam pikiran.

Sepasang suami istri ini juga dapat memahami pikiran dan perasaan masing-masing tanpa bicara. Malah diantara Habibie dan Ainun, seperti terbentuk komunikasi tanpa bicara, semacam telepati. Tanpa diberitahu sebelumnya, terlebih ketika tidak sempat diucapkan, keduanya masing-masing dengan sendirinya dapat melakukan hal tepat sesuai dengan apa yang diinginkan yang pasangan mereka.

Follow Berita Okezone di Google News

Pernah ketika Ainun sedang memasak, ia lupa untuk menitipkan beberapa barang pada Habibie sewaktu berangkat pagi. Habibie justru sudah membelikan barang yang dibutuhkan Ainun. Sering kali tanpa diminta, Habibie akan mencuci piring, hingga mencuci popok bayi yang ada isinya.

Walau hidupnya terlihat berat tetapi manis juga tak kalah mendominasi perasaan Ainun.

Setiap malam, ketika keduanya berada di kamar, Habibie akan sibuk di antara kertas-kertasnya yang berserakan di tempat tidur. Sementara Ainun menjahit, membaca atau berbuat yang lainnya. Hal-hal kecil seperti ini, sudah bisa membuat Ainun bersyukur dan merasa bahagia.

1
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini