Share

Mengenal Kopasgat, Pasukan Elite Milik TNI AU yang Paling Ditakuti Dunia

Rina Anggraeni, Okezone · Rabu 19 Oktober 2022 10:19 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 19 337 2690008 mengenal-kopasgat-pasukan-elite-milik-tni-au-yang-paling-ditakuti-dunia-BpRIao36SY.jpg Ilustrasi (Foto: Dokumen TNI)

Mengenal Kopasgat, pasukan elite milik TNI AU yang paling ditakuti dunia menarik untuk diulas.

Kopasgat dengan nama sebutan lain Baret Jingga merupakan pasukan khusus yang dimiliki TNI AU. Kopasgat merupakan satuan tempur darat berkemampuan tiga matra, yaitu udara, laut, darat.

Mengenal Kopasgat, pasukan elite milik TNI AU yang paling ditakuti dunia ini memiliki kualifikasi para-komando (Parako) untuk dapat melaksanakan tugas secara profesional, kemudian ditambahkan kemampuan khusus kematraudaraan sesuai dengan spesialisasinya.

Kopasgat mempunyai ciri khas tugas tambahan yang tidak dimiliki oleh pasukan lain yaitu Operasi Pembentukan dan Pengoperasian Pangkalan Udara Depan (OP3UD) yaitu merebut dan mempertahankan pangkalan dan untuk selanjutnya menyiapkan pendaratan pesawat dan penerjunan pasukan kawan.

Follow Berita Okezone di Google News

Kopasgat bertugas membina kekuatan dan kemampuan satuan Paskhas sebagai pasukan matra udara untuk siap operasional dalam melaksanakan perebutan sasaran dan pertahanan objek strategis Angkatan Udara, pertahanan udara, operasi khusus dan khas matra udara dalam operasi militer atas kebijakan Panglima TNI.

Mengenal Kopasgat, pasukan elite milik TNI AU yang paling ditakuti dunia ini memiliki tugas utama mereka juga menguasai pangkalan udara lawan dan kemudian mengoperasikannya.

Satu-satunya pasukan elite TNI yang bisa mengoperasikan bandara atau pangkalan udara hanya Paskhas. Mereka telah mendapat pelatihan mengoperasikan pangkalan udara secara memadai.

Pada saat jajak pendapat lepasnya Timor-Timur dari Indonesia pada 1999, Australia sangat terkejut melihat sepak terjang pasukan Paskhas. Sebab semua personel Kopasgat yang bertugas di Bandara Internasional Comoro pada saat itu, secara teknis mahir mengoperasikan bandara. Pasukan Australia yang awalnya arogan, berubah jadi segan terhadap personel Paskhas.

Dengan segala kemampuan yang dimiliki, Kopasgat menjadi pasukan yang sangat diperhitungkan di tingkat dunia. Sebab, tidak semua negara memiliki pasukan khusus sehebat Kopasgat milik TNI AU.

(RIN)

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini