Share

Waspada, Suhu Udara di Tahun 2023 Diprediksi Lebih Panas, Ini Kata BMKG

Binti Mufarida, Sindonews · Selasa 18 Oktober 2022 15:19 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 18 337 2689531 waspada-suhu-udara-di-tahun-2023-diprediksi-lebih-panas-ini-kata-bmkg-CUm3fvNIGK.jpg Ilustrasi/ Foto: India Today

JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan berdasarkan pandangan Iklim tahun 2023 (Climate Outlook 2023) suhu udara pada tahun 2023 diprediksi lebih hangat dibandingkan rata-ratanya.

Meski begitu, Plt. Deputi Klimatologi, Dodo Gunawan menegaskan suhu udara yang diprediksi lebih panas di tahun 2023 mendatang ini kecil kemungkinan akan menyebabkan fenomena gelombang panas (heatwave).

 BACA JUGA:Mayat Perempuan Ditemukan Tergeletak di Kolong Tol Becakayu, Diduga Korban Pembunuhan

“Suhu pada tahun 2023 diprediksi lebih hangat dibanding rata-ratanya. Meski demikian, kemungkinan terjadinya fenomena gelombang panas (heatwave) di wilayah Indonesia sangat kecil,” ungkap Dodo dalam keterangan resmi yang diterima, Selasa (18/10/2022).

Dodo menjelaskan, fenomena gelombang panas sangat kecil berpotensi terjadi di Indonesia dikarenakan wilayah Indonesia dikelilingi oleh lautan yang lebih luas dari luas daratan dan memiliki kelembaban udara tinggi yang dapat berperan sebagai “radiator” atau pendingin. Sehingga sangat sulit terjadi heatwave di wilayah kepulauan Indonesia.

 BACA JUGA:Bikin Surat untuk Brigadir J, Bharada E: Saya Tak Memiliki Kemampuan Menolak Perintah Jenderal

Diketahui, gelombang panas merupakan fenomena aliran udara panas yang berkepanjangan selama 5 hari atau lebih secara berturut-turut, dimana suhu maksimum harian lebih tinggi dari suhu maksimum rata-rata hingga 5°C atau lebih.

“Fenomena ini terjadi karena adanya udara panas yang terperangkap di suatu wilayah, akibat adanya anomali dinamika atmosfer yang mengakibatkan aliran udara tidak bergerak dalam skala yang luas,” katanya.

Follow Berita Okezone di Google News

Selanjutnya, Dodo mengingatkan untuk mewaspadai munculnya berbagai penyakit selama musim penghujan.

Mengingat, banyaknya genangan air, perubahan suhu lingkungan yang drastis dapat memicu dan membuat daya tahan tubuh seseorang lebih rentan terserang berbagai penyakit, seperti influenza, demam berdarah, diare, Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA), hingga leptospirosis akibat banjir.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini