Share

Survei LSP: Sosok Prabowo Sebagai Pemersatu Dapat Diterima Publik

Khafid Mardiyansyah, Okezone · Sabtu 15 Oktober 2022 18:37 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 15 337 2687796 survei-lsp-prabowo-dapat-diterima-oleh-pendukung-anies-dan-ganjar-tdTrpnonSd.jpg Prabowo Subianto (Foto Okezone)

JAKARTA - Elektabilitas Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto masih berada di posisi teratas dengan perolehan 31,8% dalam survei yang digelar Lembaga Lingkaran Suara Publik (LSP).

Posisi kedua ditempati Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo 20,4%, dan posisi ketiga Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan 11,7%.

Indra Nuryadin, Direktur Riset dan Kajian LSP, memaparkan survei ini mencari tahu apa yang paling diketahui publik tentang beberapa tokoh bila disebutkan namanya.

Salah satu temuan yang menarik adalah bahwa Prabowo dapat diterima, baik dari pemilih Ganjar maupun pemilih Anies.

“Prabowo dapat diterima, baik dari pemilih Ganjar maupun pemilih Anies. Kesan Prabowo sebagai tokoh pemersatu dapat diterima,” kata Indra dalam paparannya, Sabtu (15/10/2022).

Ia merinci beberapa kesan yang ditangkap oleh publik mengenai Prabowo, yaitu Menteri Pertahanan yang loyal kepada Presiden Jokowi; Ketum Gerindra terbaik/bagus; Capres pemersatu yang menghilangkan pembelahan sosial; dan Patriot lebih mementingkan kepentingan bangsa.

Ganjar dan Anies juga mendapatkan kesan yang baik di mata publik. Namun, kedua figur tersebut memiliki kesan yang melekat pada kubu-kubu politik tertentu.

Follow Berita Okezone di Google News

Untuk Ganjar, kesan yang tertangkap pada publik, yaitu Gubernur Jateng yang bagus; Kader PDIP yang loyal; Identik dengan medsos, karena sering dijadikan alat sosialisasi terkait kegiatannya sebagai kepala daerah atau aktivitasnya secara pribadi; salah satu Capres yang didukung oleh pemilih Jokowi sebelumnya yang diberi label “cebong”; dianggap memiliki citra identik dengan citra Jokowi.

Sementara itu, kesan utama publik untuk Anies, yaitu Gubernur DKI Jakarta yang sukses; Capres yang didukung oleh pendukung Prabowo dulu yang diberi label “kadrun” oleh para pendukung Jokowi; figur cerdas; pandai bicara; dan ramah.

Survei LSP ini dilakukan pada 1-10 Oktober 2022 dengan melibatkan 1.230 responden yang tersebar di 34 provinsi. Responden yang dipilih berusia 17 tahun ke atas atau sudah pernah menikah.

Pengumpulan data survei dilakukan lewat wawancara langsung dengan bantuan kuesioner. Margin of error survei tersebut +/- 2,8 persen dengan tingkat keyakinan 95 persen.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini