Share

Sebar Ujaran Kebencian dan Penistaan Agama, Penggugat Ijazah Palsu Jokowi Ditangkap

Puteranegara Batubara, Okezone · Sabtu 15 Oktober 2022 06:24 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 15 337 2687525 sebar-ujaran-kebencian-dan-penistaan-agama-penggugat-ijazah-palsu-jokowi-ditangkap-VYwuSZV99y.jpg Ilustrasi/ Doc: Okezone

JAKARTA - Pelapor ijazah palsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Bambang Tri Mulyono, ditangkap Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri.

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan, Bambang Tri Mulyono ditangkap terkait dengan kasus dugaan ujaran kebencian dan penistaan agama atau SARA.

 BACA JUGA:Kisah Bambang Tri Mulyono, Penggugat Ijazah Palsu Jokowi Akhirnya Ditangkap Tim Siber Bareskrim

"Ujaran kebencian dan penistaan agama," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo saat dikonfirmasi MPI, Jakarta, Kamis (13/10/2022).

Dedi menyebut, Bareskrim akan memaparkan lebih dalam soal penangkapan itu dalam jumpa pers yang digelar.

 BACA JUGA:Kapolri: Ada Tiga DPO Terkait Kasus Judi Online Dibawa dari Kamboja Pagi Ini

Sebelumnya, Bambang Tri juga pernah ditahan penyidik Bareskrim Polri pada 30 Desember 2016 terkait pelanggaran yang sama UU ITE, tentang buku Jokowi Undercover yang hanya berisi dugaan saja.

Dalam kasus ini, Bambang Tri Mulyono menuduh dan menggugat Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus) atas penggunaan ijazah palsu.

Gugatan perkara perdata tersebut terdaftar dengan nomor perkara 592/Pdt.G/2022/PN Jkt.Pst tanggal 3 Oktober 2022. Tidak hanya Jokowi, dia juga menggugat Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai tergugat II, MPR dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Disanggah UGM

Sementara itu, pihak Universitas Gajah Mada (UGM) memastikan bahwa Jokowi adalah alumni mereka dan lulusan dari Fakultas Kehutanan Universitas Gajah Mada. Hal itu dipastikan langsung Rektor UGM Prof. Dr. Ova Emilia.

Berdasarkan data yang mereka miliki, Ir Joko Widodo adalah alumni prodi S1 fakultas kehutanan Universitas gadjah Mada angkatan tahun 1980. Kemudian insinyur Joko Widodo dinyatakan lulus dari UGM tahun 1985.

Dia melanjutkan, hal tersebut sudah sesuai ketentuan dan diktum dokumen yang mereka miliki. Di mana dari data dan informasi yang mereka miliki dan terdokumentasi dengan baik maka UGM meyakini keaslian ijazah sarjana S1 insinyur Joko Widodo.

"Yang bersangkutan benar-benar lulusan fakultas kehutanan UGM," katanya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini