Share

Akankah Jokowi Kembali Lakukan Reshuffle Kabinet di Akhir Masa Jabatan?

Tim Okezone, Okezone · Jum'at 14 Oktober 2022 15:13 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 14 337 2687147 akankah-jokowi-kembali-lakukan-resuffle-kabinet-di-akhir-masa-jabatan-gHgQqXYKB0.jpg Presiden Jokowi/ Biro Pers Setpres

JAKARTA - Wacana kocok ulang kabinet kembali mencuat setelah partai Nasdem mendeklarasikan Anies Rasyid Baswedan sebagai bakal capres di Pilpres 2024. Pasalnya, Nasdem sebagai partai pendukung pemerintahan Presiden Jokowi memperoleh tiga kursi menteri.

Analis politik dan pendiri Indonesia Political Power Ikhwan Arif menanggapi isu Resuffle kabinet di akhir masa jabatan Presiden Jokowi.

(Baca juga: Jokowi Beri Sinyal Kembali Lakukan Reshuffle Kabinet: Nanti Diputuskan)

โ€œTiming isu reshuffle kabinet ini muncul ketika Nasdem mendeklarasikan Anis sebagai capres 2024, jadi muatan politisnya begitu kuat justru sering gonta-ganti menteri di kabinet dengan alasan politis akan merendahkan kinerja pemerintah," ujar Arif, di Jakarta, Jumat (14/10/2022).

Dalam dinamika politik menjelang pilpres 2024 ini, kemungkinan pergantian kursi menteri di kabinet Presiden Jokowi memang terbuka lebar.

"Sebaliknya ada pernyataan resmi dari partai politik yang bersangkutan untuk menarik mundur dari dukungan terhadap Pak Jokowi, ini lain lagi pasalnya, jadi wajar kalau seperti ini menteri tersebut digeser " tutup Ikhwan.

Sebelumnya Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto mendukung wacana resuffle kabinet terhadap menteri yang tidak loyal mendukung Presiden Jokowi di pemerintahan. Menanggapi hal tersebut partai Nasdem mempertanyakan sikap Hasto yang tampak mengkritisi deklarasi Anies.

"Itu klaim tak berdasar namanya. Koalisi itu didasarkan pada apa sih? Pada pencapresan seseorang?," ujar Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya, beberapa waktu lalu.

Follow Berita Okezone di Google News

(fmi)

1
1

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini