Share

Momen Kapolri Melepas Sepatu saat Hadir di Festival Keceran Tjimande GBK

Muhammad Farhan, MNC Portal · Minggu 09 Oktober 2022 05:23 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 09 337 2683397 momen-kapolri-melepas-sepatu-saat-hadir-di-festival-keceran-tjimande-gbk-7t92Z1272Z.jpg Kapolri mengikuti Festival Kaceran Cimande. (Foto: M Farhan)

JAKARTA - Acara Festival Keceran Cimande di Stadion Madya Gelora Bung Karno (GBK) resmi dibuka. Pembukaan acara tersebut resmi dilaksanakan dengan menyambut Kapolri, Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo. 

Berdasarkan pantauan MPI, Jenderal Listyo hadir sekira pukul 19.49 WIB. Menariknya, saat hendak mendekati panggung, Listyo membuka sepatunya lantaran mengikuti para pendekar yang tidak memakai alas kaki.

Listyo datang dengan disematkan baju resmi perkumpulan Kesenian Tari Tjimande Kolot Kebon Djeruk Hilir (Kesti TTKKDH). Listyo yang nampak gagah dikalungi sebuah kain sarung berwarna hijau dan mengenakan songkok kopiah berwarna hitam. 

Setelah melepas sepatunya, Listyo naik ke atas panggung dan duduk bersama tokoh-tokoh pejabat, ulama dan pendekar lainnya. Diketahui, Listyo ikut hadir lantaran sebagai Ketua Dewan Pembina Kesti TTKKDH. 

 Baca juga: Ribuan Pendekar Silat Datangi GBK, Ramaikan Puncak Festival Keceran Tjimande

Sesaat setelah Listyo hadir, atraksi pencak silat dan debus khas Banten ditampilkan bersamaan. 30 ribu pendekar yang ikut memeriahkan kegiatan tersebut pun ikut menampilkan atraksi bersama-sama silat khas Cimande di hadapan Jenderal Polisi berbintang empat itu.

Selain Listyo, tampak sejumlah pejabat dari Pemerintah Provinsi Banten, Walikota Cilegon dan sejumlah tokoh perwakilan Ikatan Pencak Silat Indonesia. 

Untuk diketahui, Ketua DPP Kesti TTKKDH, Wahyu Nurjamil menjelaskan tradisi Kaceran dalam milad lembaganya kali ini berbeda. Hal ini dikarenakan pelaksanaan tradisi Kaceran kali ini diikuti oleh 30 ribu pendekar ahli pencak silat dari Banten, DKI Jakarta dan Lampung.  

Follow Berita Okezone di Google News

"Milad ke-79 kali ini, kami berupaya milad ini berbeda dari yang lain. Kami pun berupaya milad Kesti TTKKDH kali ini mengangkat ke level nasional," ujar Wahyu dalam keterangannya, Sabtu (8/10/2022). 

Wahyu mengungkapkan ritual Kaceran kali ini dihelat dengan bertujuan memecahkan rekor MURI lantaran diikuti oleh puluhan ribu pendekar pencak silat. 

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini