Share

3 Fakta Hasil Pemeriksaan CCTV di Stadion Kanjuruhan, Bagaimana Isinya?

Avirista Midaada, Okezone · Sabtu 08 Oktober 2022 05:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 07 337 2682958 3-fakta-hasil-pemeriksaan-cctv-di-stadion-kanjuruhan-bagaimana-isinya-iklBhVtm5z.jpg Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Dedi Prasetyo (foto: dok Polri)

JAKARTA - Tim investigasi Bareskrim Polri telah memeriksa rekaman kamera pengawas atau CCTV untuk mendalami tragedi yang menewaskan 131 orang, dan melukai setidaknya 420 lainnya. Hasilnya, tim penyidik menemukan fakta baru dari beberapa rekaman CCTV yang telah diperiksa.

Berikut sejumlah faktanya:


1. Rekaman CCTV Dijadikan Bahan Penyidikan

"Seluruh rekaman CCTV yang ada, sudah dilakukan analisa dan pendalaman dan itu merupakan salah satu alat bukti petunjuk yang menjadi bahan penyidikan maupun analisa tim penyidik," jelas Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Dedi Prasetyo di Mapolres Malang, Rabu (5/10/2022) malam.


2. Polisi Mendapatkan Serangan dari Massa

Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Dedi Prasetyo mengatakan, rekaman yang diperiksa diambil dari CCTV yang berada di titik-titik di mana korban diketahui cukup banyak berjatuhan, yakni di pintu 9 – 14. Dari hasil pemeriksaan rekaman itu, terlihat bahwa anggota kepolisian mendapat serangan saat berusaha melakukan evakuasi massa.

"Anggota Polri justru saat mengevakuasi kepanikan itu, terjadi semacam boleh dikatakan dihalang-halangi, dilempar, kemudian terjadi lari. Dan anggota polisi di pintu 13 dan 14 ada yang meninggal dunia," kata Dedi.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

3. Pemeriksaan Terus Berjalan

 

Mengenai hasil pemeriksaan dan analisa lanjutan tim masih berlangsung. Analisa kamera CCTV ini penting mengetahui secara utuh kondisi di stadion, selain tentunya mengetahui statuta FIFA dan administrasi aturan pertandingan lainnya.

"Semua harus dipandang secara utuh dan komprehensif. Tidak hanya menggunakan satu isu saja, tapi bagaimana kondisi stadion, bagaimana statuta FIFA, aturan dan administrasi apa yang menjadi aturan pertandingan, itu sedang dikaji oleh tim. Pada situasi normal harus berbuat apa. Emergency plan dijalankan, itu didalami," kata Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Dedi Prasetyo.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini