Share

6 Tersangka Tragedi Berdarah Kanjuruhan, Ini Peran Masing-Masing

Tim Okezone, Okezone · Sabtu 08 Oktober 2022 06:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 07 337 2682704 6-tersangka-tragedi-berdarah-kanjuruhan-ini-peran-masing-masing-4Q1hE9GIT6.jpg Tragedi berdarah Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur (Foto: MPI)

MALANGEnam orang telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kerusuhan berdarah Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur (Jatim) yang menyebabkan setidaknya 131 orang tewas. Keenam tersangka dinilai memiliki peran yang menyebabkan terjadinya tragedi pada Sabtu (1/10/2022) lalu.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan bahwa para tersangka dituduhkan dengan dugaan pasal 359 dan 360 KUHP tentang menyebabkan orang mati atau luka berat karena kealpaan.

Keenam tersangka itu adalah Direktur PT Liga Indonesia Baru (LIB) Ir. Ahmad Hadian Lukit, Abdul Harris selaku Ketua Panitia Pelaksana pertandingan, Suko Sutrisno selaku security officer, Wahyu Setyo, selaku Kabag Ops Polres Malang, H, Brimob Polda Jatim, dan Bambang Sidiq Achmadi selaku Kasat Samapta Polres Malang.

Baca juga: Saat Tragedi Kanjuruhan, Ada 11 Tembakan Gas Air Mata dari Aparat

 Ir. Ahmad Hadian Lukit dianggap bertanggung jawab memastikan setiap stadion memiliki sertifikasi yang layak fungsi. Namun, verifikasi Stadion Kanjuruhan nyatanya terakhir dilakukan pada 2020.

Baca juga: 3 Polisi Jadi Tersangka Tragedi Kanjuruhan Buntut Gas Air Mata

Lalu, Abdul Harris dianggap bertanggung jawab selaku ketua panitia pelaksana pertandingan dan dijerat pasal 359 dan dan 360 KUHP. Ia juga dijerat Pasal 103 Juncto Pasal 52 UU Nomor 11 tahun 2022 Tentang Keolahragaan.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Sedangkan, Suko Sutrisno selaku security officer, dikenakan pasal yang sama dengan Abdul Harris. Suko dianggap tidak membuat dokumen penilaian risiko meski dia memiliki tugas melakukannya untuk semua pertandingan.

 Baca Selengkapnya: Polri Tetapkan 6 Tersangka Tragedi Kanjuruhan, Ini Masing-Masing Perannya

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini