Share

3 Tokoh Pahlawan Terkenal pada Masa Kerajaan Budha, Salah Satunya Penguasa Perempuan

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Sabtu 08 Oktober 2022 05:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 07 337 2682592 3-tokoh-pahlawan-terkenal-pada-masa-kerajaan-budha-salah-satunya-penguasa-perempuan-yF74AXVpfd.jpg Peninggalan masa kejayaan Kerajaan Sriwijaya di antaranya kapal jung yang didokumentasikan di Candi Borobudur. (Foto: Kemendikbud)

JAKARTA - Sebelum Indonesia merdeka, terdapat beberapa kerajaan yang berkuasa. Setiap kerajaan di Indonesia menganut kepercayaan yang berbeda. Ada kerajaan yang bercorak Buddha, Hindu, hingga Islam. Di Indonesia, terdapat beberapa Kerajaan Buddha, yang memiliki tokoh pahlawan terkenal pada masanya, berikut daftarnya: 

BACA JUGA: Ratu Shima Bawa Kesejahteraan Rakyat Kalingga dengan Dua Sektor Utama

1. Raja Balaputradewa 

Balaputradewa adalah Raja Kerajaan Sriwijaya. Ia naik takhta pada 860 Masehi. Ketika memimpin Kerajaan Sriwijaya, Balaputradewa berhasil membawa kerajaannya berkembang pesat. Menurut Prasati Nalanda, Balaputradewa adalah cucu seorang raja Jawa, Dharanindra yang berjuluk Wirawairimathana.

Balaputradewa mewarisi takhta Kerajaan Sriwijaya karena wangsa Syailendra ketika itu menguasai Pulau Sumatera. 

Kejayaan Kerajaan Sriwijaya di bawah Balaputradewa ditandai dengan wilayah kekuasaannya di Semenanjung Malaya, Sumatera, sebagian Jawa, Thailand, dan Kamboja. Selain itu, Kerajaan Sriwijaya juga menjadi pusat agama Buddha Mahayana di wilayah Asia Tenggara.

BACA JUGA: 4 Raja Sriwijaya yang Terkenal, Ada Balaputradewa yang Bawa ke Puncak Kekuasaan

2. Ratu Shima 

Ratu Shima merupakan pemimpin perempuan dari Kerajaan Kalingga yang termasyhur. Ratu Shima memerintah pada 674-695 Masehi. Di bawah kepemimpinannya, Kerajaan Kalingga mencapai puncak kejayaan. Ia dikenal sebagai pemimpin yang adil dan jujur. Ratu Shima naik takhta setelah sang suami, Prabhu Kartikeyasingha yang meninggal dunia pada 674 Masehi.

Selama memerintah, Ratu Shima memastikan hukum diberlakukan tidak pandang bulu. Peraturan yang ia terapkan dan terkenal adalah siapa pun yang mencuri akan dipotong tangannya. Kabar ketegasan Ratu Shima ini pun tersebar hingga mancanegara.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

3. Sri Dharmatungga 

Di Kerajaan Mataram Kuno, terdapat tiga dinasti yang memerintah, yaitu Dinasti Sanjaya, Dinasti Syailendra, Dinasti Isyana. Dinasti Syailendra bercorak Buddha di Jawa Tengah bagian selatan. Dinasti Syailendra muncul pada akhir abad ke-8. Raja pertama Kerajaan Mataram Kuno dari Dinasti Syailendra adalah Sri Dharmatungga.

Di bawah kepemimpinan Sri Dharmatungga, wilayah kekuasaan kerajaan tersebut mencapai Semenanjung Malaka. Tak hanya itu, bidang budaya, kesenian, sosial, hingga ilmu pengetahuan juga berkembang pesat.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini