Share

Di Hadapan Parlemen G20, Jokowi: Kita Harus Bekerja Sama dan Turunkan Ego

Raka Dwi Novianto, Sindonews · Kamis 06 Oktober 2022 15:26 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 06 337 2681930 di-hadapan-parlemen-g20-jokowi-kita-harus-bekerja-sama-dan-turunkan-ego-cu4yEYgKHE.jpg Presiden Jokowi meminta semua pihak turun egonya guna memulihkan perekonomian dunia (Foto: BPMI)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada seluruh parlemen negara G20 yang hadir di DPR untuk bekerja sama mengatasi masalah dalam memulihkan perekonomian dunia.

Kepala Negara meminta semua pihak menurunkan egonya.

"Dalam mengatasi masalah-masalah bersama kita harus bekerja bersama-sama. Kita harus menurunkan ego kita masing-masing, kita harus berupaya keras mengatasi perbedaan-perbedaan memperbanyak dan memperkuat titik temu untuk mendorong pemulihan ekonomi dunia serta mengatasi krisis lebih efektif," kata Jokowi dalam sambutannya yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (6/10/2022).

Jokowi mengatakan bahwa multilateralisme merupakan jalan yang paling efektif untuk menghadapi tantangan bersama. Sebab, menurutnya tidak ada satu masalah pun yang bisa diselesaikan sendiri oleh satu negara atau beberapa negara.

Baca juga: Indonesia Ajak Parlemen P20 Antisipasi Resesi Ekonomi

"Kita harus mau duduk bersama berbicara dan membangunjembatan dialog sehingga menemukan jalan keluar dari berbagai persoalan yang kita hadapi konflik dan perpecahan justru menyengsarakan kita semua, semua terdampak, semua rugi, semua terancam tidak ada satupun yang menang katena sesungguhnya semuanya kalah," jelasnya.

Baca juga: Tinjau Bandara I Gusti Ngurah Rai, Sandiaga Uno Pastikan Kesiapan Kedatangan Delegasi WCCE

Maka dari itu, Jokowi mengajak parlemen global untuk dapat menjadi bagian dari solusi dan berperan sebagai jembatan membawa misi perdamaian, membangun dialog dan membangun perundingan. Serta mengedepankan kebersamaan dan menghindari perpecahan.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

"Parlemen G20 adalah representasi suara rakyat, rakyat global yang dipilih dan dipercaya rakyat yang menjaring dan menyuarakan suara rakyat dan sekaligus mengajak rakyat bekerja bersama dalam menghadapi tantangan yang sangat berat ini," kata Jokowi.

Jokowi pun berharap forum P20 dapat menjadi ajang membangun kebersamaan dengan rakyat, lintas negara dan perdamain dunia.

"Bekerja bersama memecahkan masalah-masalah kemanusiaan dan membangun dunia yang lebih makmur berkeadilan," kata Jokowi.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini