Share

Komnas HAM Ungkap Kondisi Jenazah Tragedi Kanjuruhan: Muka Membiru-Mata Merah Akibat Gas Air Mata

Martin Ronaldo, MNC Portal · Rabu 05 Oktober 2022 16:14 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 05 337 2681250 komnas-ham-ungkap-kondisi-jenazah-tragedi-kanjuruhan-muka-membiru-mata-merah-akibat-gas-air-mata-xZndzneem7.jpg Choirul Anam. (Foto: Avirista Midaada)

JAKARTA - Komisioner Komnas HAM, Chairul Anam mengungkapkan beberapa temuan yang dilakukan oleh pihaknya selama berada di Malang untuk mengusut tuntas kejadian tragedi berdarah di Starion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (1/10/2022).

Anam menerangkan, dari hasil penelurusuran dirinya dan tim di rumah sakit dan keterangan pihak keluarga, kondisi para korban baik yang meninggal dan selamat sangatlah memprihatinkan.

"Kondisi jenazahnya sendiri secara fisik, ada beberapa yang sangat-sangat memperihatinkan, dan ini menunjukkan sebenarnya kurang lebih menjadi potensi penyebab kematian," ujarnya kepada wartawan, Rabu (5/10/2022).

 Baca juga: Komnas HAM: Aremania Merangsek ke Lapangan Ingin Berikan Semangat ke Pemain

"Pertama adalah kondisi jenazahnya banyak yang mukanya biru, jadi muka biru ini banyak. Ini yang menunjukkan kemungkinan besar karena kekurangan oksigen karena juga gas air mata. Jadi muka biru, terus ada yang matanya merah, keluar juga busa," sambungnya.

Menurutnya, teman-teman khususnya para keluarga korban maupun Aremania memberikan banyak informasi terkait hal tersebut.

Follow Berita Okezone di Google News

"Termasuk kondisi luka, ini macam-macam kondisi lukanya. Ada yang kakinya patah, ada yang rahang patah, memar, dan lain sebagainya. Mereka juga menceritakan bagaimana kondisinya. Ada beberapa yang sangat memperihatinkan karena kena gas air mata adalah kondisi mata. Matanya sangat merah," jelasnya.

"Bahkan kami bertemu dengan salah satu korban yang, itu peristiwanya hari Sabtu, Senin bertemu kami, Senin baru bisa melihat. Matanya sakit kalau dibuka. Dadanya juga perih, sesak napas, tenggorokannya perih. Itu beberapa contoh informasi yang kami dapat," imbuhnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini