Share

Berbincang dengan Korban Kanjuruhan, Jokowi: Saya Ingin Tahu Penyebab Tragedi Ini

Raka Dwi Novianto, Sindonews · Rabu 05 Oktober 2022 14:41 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 05 337 2681140 berbincang-dengan-korban-kanjuruhan-jokowi-saya-ingin-tahu-penyebab-tragedi-ini-GdIqzG7TRq.jpg Presiden Joko Widodo (foto: Biro Pers Kepresidenan)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkunjung ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Saiful Anwar, Kota Malang untuk mencari tahu akar masalah penyebab terjadinya tragedi di Stadion Kanjuruhan.

Kepala Negara ingim melakukan perbincangan secara langsung dengan para korban untuk mengetahui situasi sebenarnya pada saat malam usai pertandingan Arema lawan Persebaya itu.

"Tadi saya juga berbincang-bincang dengan satu dua tiga empat pasien korban di stadion Kanjuruhan untuk mengetahui situasi di malam pertandingan 1 Oktober yang lalu," kata Jokowi saat jumpa pers yang disiarkan secara daring, Rabu (5/10/2022).

Dari perbincangan itulah, Jokowi mengaku dapat menerima keterangan dari para korban tragedi di Kanjuruhan.

Baca juga: Jenguk Korban Kanjuruhan, Jokowi: Saya Ingin Tahu Akar Masalah Penyebab Tragedi Ini!

"Saya benar-benar ingin tahu akar masalah penyebab tragedi ini," jelasnya.

Dari perbincangan itu juga, kata Jokowi, solusi akan ditemukan. Sehingga diharapkan menjadi pembelajaran bagi pelaksanaan pertandingan olahraga selanjutnya.

Baca juga: Jenguk Korban Kanjuruhan di RS, Jokowi Ingin Pastikan Dapat Perawatan Terbaik

"Sehingga ke depan kita bisa mendapatkan sebuah solusi terbaik. Dan kita tahu sudah dibentuk tim pencari fakta independen yang diketuai oleh Pak Menko Polhukam," kata Jokowi.

Jokowi pun memastikan bahwa seluruh biaya korban tragedi Kanjuruhan yang dirawat di RSUD dr. Saiful Anwar, Kota Malang ditanggung sepenuhnya oleh pemerintah.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

"Tadi saya juga menyampaikan kepada pasien korban bahwa seluruh biaya untuk perawatan ditanggung oleh pemerintah dan pemerintah daerah," tegas Jokowi.

Jokowi juga memberikan santunan kepada keluarga korban yang meninggal akibat tragedi Kanjuruhan. Dirinya berharap santunan tersebut dapat meringankan beban keluarga.

"Dan juga tadi audah kita sampaikan sedikit santunan kepada korban yang meninggal saya tahu tidak hanya dari pemerintah pusat tapi juga pemerintah provinsi, pemerintah, kota Malang, kemudian Bank Jatim juga telah memberikan santunan itu yang bisa meringankan beban dari keluarga dan kerabat korban," kata Jokowi.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini