Share

Murka Tendangan Kungfu Oknum TNI ke Suporter, Jenderal Andika: Mereka Menyerang Masyarakat!

Raka Dwi Novianto, Sindonews · Rabu 05 Oktober 2022 12:57 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 05 337 2681043 murka-tendangan-kungfu-oknum-tni-ke-suporter-jenderal-andika-mereka-menyerang-masyarakat-KTjn02vCVz.jpg Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa

JAKARTA - Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa murka dengan tindakan yang dilakukan oknum TNI saat melakukan tendangan Kungfu kepada suporter Arema saat tragedi Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur.

(Baca juga: Jenderal Andika Murka, Oknum TNI yang Lakukan Tendangan Kungfu di Kanjuruhan Akan Dipidana)

"Kalau seperti yang di video ya, beberapa oknum, itu kan mereka menyerang masyarakat atau individu yang tidak juga menyerang mereka. bahkan juga membelakangi. Jadi ya sangat-sangat engga bagus," kata Andika di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (5/10/2022).

Mantan KSAD itu menjelaskan bahwa sesuai prosedur, anggota TNI dalam sebuah pertandingan sepak bola hanya ikut bantu menjaga. Dan biasanya diarahkan oleh pimpinan Polri yang berjaga pada pertandingan tersebut.

"Protapnya kita sebagai lapisan ketiga. Di polisi itu kan ada SOP, jadi misal terjadi emergency, respons awal itu siapa? apakah sabhara, yang terakhir itu seingat saya Brimob, yang ketiga. Nah kita itu keempat, biasanya begitu. Tapi itu yang menggerakkan adalah pimpinan Polri di situ ya," kata Andika.

Dikatakan Andika, apa yang dilakukan 5 oknum prajurit TNI itu tidak merespon masalah. Kekerasan yang dilakukan malah memperparah masalah dan menyalahi aturan saat tragedi Kanjuruhan.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

"Lebih kepada tindakan yang dilakukan ini lho, yang dilakukan prajurit ini kan sama sekali tidak apa ya, tidak merespons terhadap masalah yang terjadi,"ujarnya.

"Masalah yang terjadi orang lagi jalan di depannya, itu diberikan tindakan kekerasan seperti yang kita lihat di video kan itu menyalahi sekali ya," tutup Andika.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini