Share

Panglima Tegaskan Bakal Jerat Pidana Oknum TNI yang Tendang Aremania di Kanjuruhan

Raka Dwi Novianto, Sindonews · Rabu 05 Oktober 2022 12:51 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 05 337 2681036 panglima-tegaskan-bakal-jerat-pidana-oknum-tni-yang-tendang-aremania-di-kanjuruhan-PycdHMDTX5.jpg Panglima TNI Andika Perkasa/ Foto: Okezone

JAKARTA - Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menyebut bahwa pihaknya akan mengadili pidana oknum anggota TNI yang melakukan kekerasan terhadap pendukung Arema Malang.

"Saya berusaha untuk tidak etik. Karena etik ini apabila tadi, ada memang syarat-syaratnya. Bagi saya itu sudah sangat jelas, itu pidana," ujar Andika di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (5/10/2022).

 BACA JUGA:Imam Nahrawi Keluar Lapas, Ini Penjelasan Lengkap Kalapas Sukamiskin

Nantinya, kata Andika, oknum TNI yang melakukan kekerasan tersebut bakal dijerat pasal 351 KUHP tentang penganiayaan.

"Pasti, pasti (sanksi tegas), ya sesuai pasalnya. mlminimal pasal 351 KUHP. minimal ya, ayat 1. Belum lagi itu nanti KUHP M pasal 126, (terkait) melebihi kewenangannya dalam bertindak. Itu minimal. Jadi kita akan terus, dan masing-masing pasal kan ada ancaman hukumannya," tegasnya.

 BACA JUGA: Polri Pastikan Semua Tersangka Kasus Brigadir J Dalam Kondisi Sehat

Terkait pimpinan TNI yang mengarahkan oknum tersebut, Andika juga akan memeriksa. Dirinya akan mengusut arahan dari pimpinan terhadap oknum TNI tersebut.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

"Kalau misalnya komandan-komandannya tidak memberikan briefing yang jelas soal apa tindakannya kalau rusuh, kalau kerusuhan berarti tak melaksanakan perintah. Berarti tanggung jawab tak dilaksanakan, tidak melaksanakan perintah. Berarti pasal 126 KUHP M, misalnya. Dan ini kan pidana. KUHP M ini pidana,bbukan hanya etik atau disiplin," kata Andika.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini