Share

Tembakan Gas Air Mata Berujung Ratusan Tewas di Kanjuruhan, 29 Polisi Diperiksa Propam

Puteranegara Batubara, Okezone · Selasa 04 Oktober 2022 16:47 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 04 337 2680533 tembakan-gas-air-mata-berujung-ratusan-tewas-di-kanjuruhan-29-polisi-diperiksa-propam-tuBSbtcDsu.jpg Foto: Antara

JAKARTA – Ada dugaan pelanggaran penggunaan gas air mata oleh kepolisian saat Tragedi Stadion Kanjuruhan Malang. Pasalnya, gas air mata yang digunakan disebut dirasakan berbeda dengan yang pernah disemprotkan sebelumnya di beberapa kesempatan.

(Baca juga: Ratusan Tewas di Kanjuruhan, Jenderal Nico Akhirnya Minta Maaf)

Komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) bidang Penyelidikan dan Pemantauan Mohammad Choirul Anam mengatakan, timnya masih bekerja dengan mengumpulkan barang bukti terkait adanya indikasi penggunaan gas air mata yang berlebihan.

Propam dan Inspektorat Khusus (Itsus) Polri pun bergerak cepat kembali melakukan pemeriksaan terhadap 29 personel kepolisian terkait peristiwa di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur.

"Untuk Propam ya dan Itsus kembali melakukan pemeriksaan dan pendalaman 29 personel Polri yang kemarin sudah saya sebutkan diantaranya ada 9 yang sudah dinonaktifkan," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo dalam jumpa pers di Malang, Selasa (4/10/2022).

Menurut Dedi, Propam dan Itsus masih terus mendalami dugaan terjadinya pelanggaran etik dari personel tersebut ketika melakukan pengamanan di Stadion Kanjuruhan Malang.

"Ini masih terus didalami ya terkait masalah pelanggaran kode etik dalam pelaksanaan tugas pengamanan di Stadion Kanjuruhan Malang," tutup Dedi.

Adapun ke-sembilan polisi yang dimaksud telah dinonaktifkan tersebut, yakni;

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

- AKBP Agus Waluyo (Danyon)

-AKP Hasdarman (Danki)

-Aiptu Solikin (Danton)

-Aiptu Samsul (Danton)

-Aiptu Ari Dwiyanto (Danton)

-AKP Untung (Danki)

-AKP Danang (Danton)

-AKP Nanang (Danton)

-Aiptu Budi (Danton).

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini