Share

Tim Independen Pencari Fakta Tragedi Kanjuruhan Dibentuk, Mulai Bertugas Besok

Riana Rizkia, MNC Portal · Senin 03 Oktober 2022 16:54 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 03 337 2679843 mahfud-md-pimpin-tim-independen-pencari-fakta-tragedi-kanjuruhan-ini-daftar-anggotanya-lA5dSHUGnc.jpg Mahfud MD. (Foto: Tangkapan layar)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan pemerintah Membentuk Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) yang akan dipimpin langsung oleh dirinya, TGIPF dibentuk guna mengungkap tragedi Kanjuruhan.

"Untuk mengungkap kasus atau peristiwa Kanjuruan yang terjadi pada tanggal 1 Oktober 2022, maka pemerintah membentuk Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF), yang akan dipimpin langsung oleh Menko Polhukam," kata Mahfud MD di Gedung Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Senin (3/10/2022).

Mahfud mengatakan, TGIPF sudah mulai bekerja besok Selasa 4 Oktober 2022 dengan tugas yakni menggali ada atau tidak tindak pidana dalam tragedi yang terjadi pada Sabtu 1 Oktober 2022 malam yang menewaskan ratusan orang.

 Baca juga: Mahfud MD ke Menkes: Berikan Pelayanan Kesehatan pada Korban Kanjuruhan, Jangan Pikirkan Biaya

"Tim inilah yang akan menggali dan menyampaikan ke Presiden, dan kalau ada pelanggaran hukum akan disampaikan ke penegak hukum," katanya.

Adapun TGIPF akan dipimpin langsung oleh Menko Polhukam dan wakilnya adalah Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainuddin Amali. Sedangkan sekretaris dijabat oleh Nur Rochmad yang merupakan mantan Jampidum.

Lebih lanjut, Mahfud mengatakan bahwa anggota TGIPF terdiri dari pejabat atau perwakilan kementerian terkait, organisasi profesi olahraga sepakbola, pengamat, akademisi, dan media massa.

"Yang keanggotaannya akan ditetapkan paling lama dalam 24 jam ke depan, yang nantinya akan terdiri dari pejabat atau perwakilan kementerian yg terkait, kemudian organisasi profesi olahraga sepakbola, pengamat, akademisi, dan media massa," katanya.

Berikut daftar anggota tim gabungan independen pencari fakta (TGIPF):

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

1. Rhenald Kasali (Akademisi/UI)

2. Sumaryanto (Rektor UNY)

3. Akmal Marhali (Pengamat Olahraga/Koordinator Save Our Soccer)

4. Anton Sanjoyo (Jurnalis Olahraga-Harian Kompas)

5. Nugroho Setiawan (Mantan pengurus PSSI dengan Lisensi FIFA)

6. Letjen TNI (Purn) Doni Monardo (mantan kepala BNPB)

7. Mayjen TNI (Purn) Suwarno (Wakil Ketum 1 KONI)

8. Irjen Pol (Purn) Sri Handayani (Mantan Wakapolda Kalimantan Barat)

9. Laode M Syarif (Kemitraan)

10. Kurniawan Dwi Yulianto (mantan tim nasional sepak bola)

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini