Share

Gelar Rapat Lintas Kementerian, Mahfud MD Ingin Gali Unsur Pidana Tragedi Kanjuruhan

Riana Rizkia, MNC Portal · Senin 03 Oktober 2022 09:08 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 03 337 2679401 gelar-rapat-lintas-kementerian-mahfud-md-ingin-gali-unsur-pidana-tragedi-kanjuruhan-AkzaNTlU83.jpg Mahfud MD (Foto: Humas Kemenko Polhukam)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mrnggrlar rapat koordinasi lintas kementerian dan lembaga untuk membahas tragedi kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Malang, pada hari ini, Senin (3/10/2022).

Rapat tersebut, kata Mahfud, merupakan perintah langsung dari Presiden Jokowi untuk menggali unsur pidana dalam tragedi tersebut.

"Pemerintah bersungguh-suungguh untuk menindaklanjuti, merehabilitasi dan menyelesailakan masalah yang timbul akibat tragedi Kanjuruhan dalam pertandingan sepakbola liga di Malang," kata Mahfud melalui keterangan resminya, dikutip Senin (3/10/2022).

"Presiden setelah menyampaikan instruksi langsung kepada masyarakat Indonesia, juga langsung meminta saya untuk segera, secepatnya, tidak boleh lebih dari 24 jam ke depan untuk mengadakan rakor lintas kementerian dan lembaga serta organisasi terkait untuk mengambil langkah-langkah," sambungnya.

Baca juga: Kantongi Video Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Komnas HAM Soroti Penggunaan Gas Air Mata

Mahfud mengatakan, rapat koordinasi akan membahas dua hal. Pertama, yakni meneliti kemungkinan pelanggaran hukum atau tindak pidana dalam peristiwa tersebut. Kedua, membahas tentang rehabilitasi dan penyantunan korban serta keluarga korban, baik yang luka-luka maupun korban meninggal dunia.

Baca juga: Mengenal Panic Crowds, Perasaan yang Timbul Akibat Terjebak di Kerusuhan

"Satu, melakukan peneletian jika kemungkinan ada pelanggaran hukum atau tindak pidana di dalam peristiwa itu, yang kedua melakukan rehabilitasi dan penyantunan terhadap korban dan keluarga korban yang sekarang sedang dalam perawatan maupun yang dikuburkan karena meninggal," ucapnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Rencananya, Mahfud akan mengundang Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Menteri Kesehatan, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Menteri Sosial, Panglima TNI, Kapolri, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), dan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

"Nah untuk itu (hari ini), jam 9 saya mengundang rapat koordinasi bersama Menko PMK, Menteri Kesehatan, Menpora, Mendagri, Menteri Sosial, Panglima TNI, Kapolri, KONI, PSSI, saya undang ke kantor saya untuk membicarakan hal-hal tersebut," katanya.

Jika terdapat tindakan hukum, pelanggaran hukum, maupun sabotase dalam tragedi Kanjuruhan, Mahfud menyebut pemerintah dan lembaga terkait bakal melakukan tindakan sesuai hukum.

"Jika ada tindakan hukum, pelanggaran hukum atau sabotase di dalam peristiwa itu, itu diteliti, dan ditindak dengan tepat sesuai dengan hukum, siapapun dia, siapapun yang sengaja maupun yang lalai dalam terjadinya peristiwa ini," ungkapnya.

Baca juga: Tragedi Kanjuruhan Tewaskan 153 Suporter, Mahfud MD Sebut Panita Tak Indahkan Usul Aparat

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini