Share

Survei Indikator: Kejagung Lembaga Penegak Hukum Paling Dipercaya Publik

Jonathan Simanjuntak, MNC Portal · Minggu 02 Oktober 2022 20:28 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 02 337 2679259 survei-indikator-kejagung-lembaga-penegak-hukum-paling-dipercaya-publik-k5Nc2azUs7.jpg Kejagung (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kejaksaan Agung (Kejagung) menjadi lembaga penegak hukum yang paling dipercaya masyarakat versi Lembaga Survei Indikator Politik Indonesia.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi mengatakan, Kejagung berada di tingkat teratas dari tiga lembaga penegak hukum lainnya. Yakni, Pengadilan, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri).

BACA JUGA: Pekan Depan, Kejagung Akan Serahkan Ferdy Sambo Cs ke Kejari Jaksel 

Kejagung mendapatkan tingkat percaya publik sebesar 67 persen dan tingkat sangat percaya sebesar 8 persen.

"Jadi kalau kita tanya seberapa percaya masyarakat terhadap empat lembaga ini dalam penegakan hukum itu yang paling tinggi tingkat trust diberikan publik kepada Kejagung," kata Burhanuddin dalam Evaluasi Publik atas Kinerja Pemerintah dalam Bidang Ekonomi, Hukum dan Prospek Elektoral Jelang 2024 pada kanal YouTube Indikator Politik Indonesia, Minggu (2/10/2022).

Sementara Pengadilan mendapatkan tingkat kepercayaan 64 persen dan sangat percaya 10 persen. KPK dengan tingkat kepercayaan publik sebesar 65 persen dan sangat percaya 8 persen.

Adapun Polri dengan tingkat kepercayaan publik sebesar 54 persen dan sangat percaya sebesar 9 persen.

"Jadi ini memang terbaru ya dalam dunia opini publik, biasanya awal-awal dulu KPK berdiri sampai tahun 2019 itu KPK the most trusted institution dalam bidang penegakan hukum, sekarang KPK agak turun diperingkat KPK," katanya.

 BACA JUGA:Kejagung Sita 100 Bidang Tanah Terpidana Benny Tjokro

Burhanuddin mengatakan, setelah KPK turun pamornya di mata pubik, polisi waktu itu nomor satu saat diriset pada 2021 menjadi lembagai paling dipercaya publik. Namun sekarang, drop di paling bawah.

Burhanuddin menilai, temuan survei ini mengonfirmasi bahwa kinerja lembaga selaras dengan kepercayaan publik yang ada. "Public trust itu sama dengan iman kadang naik kadang turun, jadi memang sangat tergantung bagaimana kinerja masing-masing lembaga," pungkasnya.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

(Ari)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini