Share

3 Pemimpin Negara Keras Kepala, Nomor 1 Berambisi Kuasai Dunia

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Senin 03 Oktober 2022 06:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 02 337 2679228 3-pemimpin-negara-keras-kepala-nomor-1-berambisi-kuasai-dunia-A2KrkMeuug.jpg Adolf Hitler/national archive

SIFAT keras kepala sebaiknya tidak mendominasi seorang kepala negara. Sebab, segala kebijakan yang dibuat haruslah berdasarkan masukan dan suara banyak pihak, termasuk masyarakat. Namun, ada beberapa pemimpin negara yang justru mempunyai keras kepala. Berikut adalah 3 pemimpin negara yang keras kepala.

 (Baca juga: 5 Jenderal Paling Hebat saat Perang Dunia II, Berani Adu Argumen dengan Hitler)

1. Adolf Hitler

Jika berbicara mengenai para pemimpin negara keras kepala, nama Adolf Hitler sudah pasti tidak akan tertinggal. Pemimpin Jerman bergelar Fuhrer kelahiran 20 April 1889 itu terkenal karena tindakannya melakukan genosida besar, yang dikenal dengan Holocaust, di tahun 1933 sampai 1945. Peristiwa ini membunuh setidaknya 6 juta nyawa, dan sebagian besar didominasi oleh orang Yahudi.

Hitler bersikukuh ingin melakukan permunian bangsa Arya, yang merupakan ras asli Jerman. Menurut jurnal Sosiohumaniora (2020) berjudul “Normalisasi Hubungan Jerman dan Yahudi Melalui Penyembuhan Trauma Sejarah Dalam Film The Zookeeper’s Wife”, Hitler menganggap bangsa Yahudi sebagai bangsa inferior yang harus dimusnahkan karena berpeluang mengganggu dan mengotori ras asli Jerman dia pun berambisi ingin kuasai dunia.

2. Pedro Sanchez

Perdana Menteri Spanyol yang menjabat sejak 2018, Pedro Sanchez juga dikenal sebagai pemimpin negara yang keras kepala. Melansir Reuters, sosialis dan politikus Spanyol ini sudah terkenal dengan sifat keras kepalanya sejak menjabat sebagai pimpinan partai. Ketika mengikuti pemilihan perdana menteri, Sanchez justru membuat perpecahan di tubuh partainya hingga membuat sebagian besar anggota partai abstain.

Di sisi lain, sifat keras kepala yang dimiliki Sanchez beriringan dengan ketekunan yang ia miliki. Sanchez masuk dalam jajaran tokoh penting di Spanyol yang cerdas dengan visi politik jelas. Partai Sosialis dan Pekerja Spanyol (PSOE) mengalami kemajuan signifikan saat berada di bawah kendalinya.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

3. Moon Jae-in

 

Eks Presiden Korea Selatan (Korsel), Moon Jae-in, diketahui sebagai sosok yang keras kepala. Seorang kolumnis Korsel bernama Nam Jeong-ho menyebutkan hal tersebut dalam tulisannya di Korea JoongAng Daily.

Bahkan, keras kepala Jae-in sebagai seorang pemimpin negara melebihi Presiden Korsel sebelumnya, Roh Moo-hyun. Jae-in terlihat tenang dan halus dari luar, namun mempunyai sifat kuat dan keras di dalamnya. Salah satu kebijakan yang memperlihatkan sisi keras kepalanya adalah ketika mengimplementasikan kebijakan luar negeri dan keamanan, kala Korea menghapuskan tenaga nuklir. Ia menekankan pentingnya deklarasi akhir perang. Jae-in sangat percaya jika AS benar-benar ingin melakukan deklarasi akhir perang.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini