Share

Humor Gus Dur: Karakter Presiden Soekarno hingga Soeharto

Tim Okezone, Okezone · Minggu 02 Oktober 2022 05:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 01 337 2678826 humor-gus-dur-karakter-presiden-soekarno-hingga-soeharto-4umZaoGwiK.jpg Gus Dur/ Foto: Ist

JAKARTA - Mantan presiden ketiga RI, Bacharuddin Jusuf Habibie atau BJ Habibie, kaget ketika Presiden Gus Dur menyempatkan untuk menjenguk keluarganya di Brussel, Belgia. Saat itu, Ainun sedang sakit.

Gus Dur diterima dengan senang hati. Gus kondang itu didampingi Muladi dan Watik Pratikyo sahabat akrabnya. Gus Dur datang di sela-sela kunjungan kerjanya ke Eropa itu.

ย BACA JUGA:Pendeta Gilbert Lumoindong Minta Maaf soal Video Pernyataannya Tentang Brigadir J

Pada kesempatan yang hangat itu, Habibie mengonfirmasi kepada Gus Dur soal banyolan yang dilakukan Gus Dur di hadapan Presiden Fidel Castro, saat Gus Dur berkunjung ke Kuba.

Saat itu, Soekarno disebut Gus Dur sebagai presiden gila wanita, Soeharto disebut gila harta, termasuk Habibie yang disebut Gus Dur sebagai gila beneran. Sementara Gus Dur menyebut dirinya sebagai presiden yang bikin orang gila.

ย BACA JUGA:Batas-Batas dan Luas Wilayah Benua Amerika

Mendengar pertanyaan Habibie itu, Gus Dur tidak ingin menyinggung perasaan orang yang lagi kesusahan. Gus Dur menjawab, โ€œBukan begitu Pak Habibie, kalau Presiden Soekarno itu negarawan, Soeharto itu hartawan, lah kalau Pak Habibie Presiden ilmuwan. Sementara kalau saya sendiri presiden wisatawan, yang suka keluyuran,โ€ katanya seperti dilansir dari NU Online, Sabtu (1/10/2022).

Semuanya tertawa dan bersuka ria, tak terkecuali Nyonya Ainun yang sedang terbaring sakit.

(NAN)

1
1

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini