Share

Upacara Hari Kesaktian Pancasila, Puan Maharani Bacakan Ikrar

Raka Dwi Novianto, Sindonews · Sabtu 01 Oktober 2022 08:27 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 01 337 2678605 upacara-hari-kesaktian-pancasila-puan-maharani-bacakan-ikrar-gtvQFCfq9I.jpg Ketua DPR RI Puan Maharani bacakan ikrar di upacara Hari Kesaktian Pancasila (Foto : Biro Pers)

JAKARTA - Ketua DPR RI Puan Maharani membacakan ikrar pada upacara Hari Kesaktian Pancasila di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur, Jumat (1/10/2021).

"Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa, kami yang melakukan upacara ini menyadari sepenuhnya: bahwa sejak diproklamasikan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945, pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan baik dari dalam negeri mau pun luar negeri terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia," ujar Puan saat membacakan ikrar.

Berikut teks lengkap ikrar yang dibacakan Puan Maharani:

Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa, kami yang melakukan upacara ini menyadari sepenuhnya: bahwa sejak diproklamasikan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945, pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan baik dari dalam negeri mau pun luar negeri terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia;

Bahwa rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurang waspadaan Bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai Ideologi Negara.

Bahwa dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, Bangsa Indonesia tetap memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Maka di hadapan Tuhan Yang Maha Esa dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kami membulatkan tekad. Untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

(aky)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini