Share

Pemerintah Ingatkan soal Keamanan Data untuk Hadapi Era Metaverse

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Jum'at 30 September 2022 19:56 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 30 337 2678458 pemerintah-ingatkan-soal-keamanan-data-untuk-hadapi-era-metaverse-E0YWGz4Wfm.jpg Ilustrasi (Foto: FMT)

JAKARTA - Konektivitas atau tol virtual antarmanusia membutuhkan berbagai koridor. Kecakapan teknis, kecakapan etis, bahkan harus dibangun juga sebuah kesadaran budaya agar masyarakat bisa diuntungkan dengan adanya teknologi digital tersebut.

Kominfo mengingatkan agar masyarakat sadar untuk menjaga kemanan data pribadinya dalam menghadapi era metaverse.

“Yang tidak kalah pentingnya kita dituntut punya kesadaran yang sangat kuat terhadap keamanan data kita. Kunci keamanan data kita sebetulnya tidak lain dalah diri kita. Oleh sebab itulah kesadaran itu menjadi bagian penting yang diupayakan oleh pemerintah dalam hal ini Kementerian Kominfo,” ujar Staf Ahli Menteri Kominfo, Widodo Muktiyo dilansir Antara, Jumat (30/9/2022).

Widodo mengatakan bahwa menghadapi era revolusi digital harus ada kesadaran baru yang dimunculkan, agar manusia tidak dirugikan oleh digitalisasi. Ia pun menekankan pentingnya memahami metaverse secara komprehensif melalui literasi digital dan peningkatan pemahaman mengenai skill, perhatian kepada sekuriti dan aspek-aspek lain terkait pengembangan sumber daya manusia di bidang digital.

Baca juga: Kabar David Dworken, Peretas Situs Departemen Pertahanan AS pada 2016

“Harapan kita supaya pemahaman tentang masa depan komunikasi publik di era metaverse ini akan menjadi komunikasi yang makin membawa keadaban masyarakat Indonesia menjadi lebih bagus,” kata dia.

Baca juga: 5 Pasangan Seleb Punya Bisnis Bareng, Leslar Jajal Bisnis Metaverse!

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Eni Maryani, Guru Besar Fikom Universitas Padjajaran menambahkan bahwa metaverse merupakan trend saat ini. Oleh karena itu, dengan era ataupun kondisi yang berubah, tentu komunikasi pubik juga harus bisa menyikapi, mengantisipasi bahkan mengatasi kendala-kendala dan memanfaatkan peluang-peluang yang ada terkait dengan perkembangan terkait teknologi komunikasi dan informasi. “Tentu saja kita masih berupaya dengan digitalisasi supaya akses ini lebih merata dan lebih meluas. Itu masih menjadi PR dari segi infrastruktur,” ujar Eni.

Lebih lanjut, ia menambahkan bahwa perubahan teknologi komunikasi dan informasi mengubah seluruh aspek kehidupan manusia. Baik di bidang komunikasi, ekonomi, sosial, budaya, juga politik. “Semua berubah ketika teknologi komunikasi dan informasi berkembang,” lanjutnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini