Share

Pengamat: Cak Imin Cocok Dampingi Prabowo sebagai Cawapres

Tim Okezone, Okezone · Jum'at 30 September 2022 19:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 30 337 2678420 pengamat-cak-imin-cocok-dampingi-prabowo-sebagai-cawapres-5Oaf6KtNQ1.jpg Prabowo Subianto dan Cak Imin (Foto : Tim Media Prabowo)

JAKARTA - Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KIR) belum final mengusung nama Capres dan Cawapres. Partai Gerindra dan PKB itu telah sepakat untuk maju bersama di Pilpres 2024 mendatang.

Pengamat Politik dan Pendiri Indonesia Political Power Ikhwan Arif menilai bahwa Ketum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin cocok untuk mendampingi Prabowo Subianto sebagai bakal Cawapres untuk maju pada 2024 nanti.

Meskipun Cak Imin sering mendekati atau didekati oleh ketua umum partai politik lain, bukan berarti Muhaimin Iskandar dicaplok langsung jadi bakal capres.

"Cak Imin cocoknya jadi bakal cawapres, meskipun dideklarasikan untuk maju sebagai bakal capres dari beberapa relawan politik dan partai politiknya sendiri, akan sulit langkah maju sebagai bakal capres, karena kekurangan magnet politik untuk membentuk koalisi partai politik lain, terkecuali dengan partai Gerindra yang sudah terbentuk koalisi," kata dia, Jumat (30/9/2022).

Baca juga: Risiko Polarisasi Muncul di Pilpres 2024, Pengamat: Prabowo Jadi Solusi

"Kenyataannya dari awal pembentukan KIR Prabowo dideklarasikan maju sebagai capres, jika Cak Imin ingin bertahan di KIR tentu untuk posisi yang sama yaitu bakal cawapres," imbuh dia.

Baca juga: Elektabilitas Prabowo Kokoh di Puncak Selama 1,5 Tahun, Kok Bisa? Ini Penjelasannya!

Cak Imin beberapa hari terakhir sering melakukan penjajakan koalisi. Terkahir, dirinya melakukan penjajakan politik dengan Puan Maharani, yang dinilai sebagai upaya pendekatan politik Puan dalam safari politik PDIP.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

"Jika dikaji kembali pertemuan politik Puan dan Cak Imin, sangat sulit bagi Muhaimin Iskandar untuk mendapatkan posisi tawar bakal capres jika dikaitkan dengan penjajakan koalisi Puan yang merupakan capres kuat PDIP. Bisa saja Cak Imin jadi cawapres namun peluangnya sangat kecil karena PDIP akan mencari pasangan di luar partai politiknya yang bisa diandalkan untuk mendongkrak suara Puan Maharani, sebaiknya Cak Imin bertahan di KIR saja, Upaya yang telah dilakukan Cak Imin selama ini dapat membantu mendongkrak suaranya Pak Prabowo," imbuhnya.

Muhaimin Iskandar disarankan untuk tidak terlalu memaksakan diri sebagai cawapres kalau kita lihat dari hasil survei elektabilitas dari beberapa lembaga survei nama Muhaimin tidak masuk dalam radar tiga besar kandidat terkuat.

"Ini yang akan menjadi dilema usaha keras Cak Imin maju sebagai capres. Ke depannya tugas berat Pak Prabowo dan Cak Imin menentukan tambahan kekuatan politik dari partai politik lain baik itu partai parlemen atau partai nonparlemen," tuturnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini