Share

Mahfud MD Balas Tudingan AHY soal Intervensi Pemerintah di Kasus Lukas Enembe

Tim Okezone, Okezone · Sabtu 01 Oktober 2022 05:52 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 30 337 2678413 mahfud-md-balas-tudingan-ahy-soal-intervensi-pemerintah-di-kasus-lukas-enembe-nntoCoVmNo.jpg Menko Polhukam Mahfud MD (Foto: Okezone)

JAKARTA - Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyebut ada intervensi negara di masa lalu soal cawagub pendamping Gubernur Papua Lukas Enembe saat Pilkada Papua beberapa waktu lalu.

AHY pun mengaku Partai Demokrat masih mencermati kasus Lukas Enembe dan menimbang apakah murni kasus hukum atau ada muatan politis.

Menanggapi hal itu, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menegaskan, tidak ada kausalitas antara intervensi dengan kasus dugaan korupsi yang saat ini menjerat Lukas Enembe.

"Kasus hukum Lukas Enembe itu tak ada hubungannya dengan politik. Secara hukum pidana, keduanya masalah yang tak ada hubungan kausalitas karena merupakan dua peristiwa yang berbeda," kata Mahfud, Jumat (30/9/2022).

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Mahfud lalu memberi contoh, jika ada seorang wartawan sedang meliput peristiwa tsunami lalu ditetapkan sebagai tersangka, bukan berarti penetapan tersangka itu ada hubungannya dengan peristiwa tsunami.

"Sama dengan, misalnya, seorang wartawan jadi tersangka, padahal dia sedang menulis berita tentang ombak tsunami. Itu bukan berarti ada hubungan antara penegakan hukum dan wartawan membuat reportase tentang tsunami. Dua-duanya memang fakta tapi tak ada hubungan kausalitasnya," katanya.

Baca Selengkapnya:AHY Sebut Ada Intervensi Negara Dalam Kasus Lukas Enembe, Ini Reaksi Tegas Mahfud MD

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini