Share

Kapan PKI Berdiri di Indonesia? Ini Sejarahnya

Tim Okezone, Okezone · Sabtu 01 Oktober 2022 08:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 30 337 2678405 kapan-pki-berdiri-di-indonesia-ini-sejarahnya-ctfUMMxJG9.jpg Tuntutan agar PKI dibubarkan. (Foto: Dok Ist)

BUKU bertajuk ‘Lahirnja PKI dan Perkembannja’ menuliskan bahwa PKI adalah sintesis dari gerakan buruh di Indonesia dan resmi berdiri pada tanggal 23 Mei 1920. Kehadiran PKI tidak lepas dari sejarah berdirinya ISDV (Indische Sociaal Democratische Partij) pada tahun 1913.

Tokoh yang pertama kali memperkenalkan komunisme di Indonesia adalah intelektual marxist asal Belanda, Josephus Fransiscus Marie Sneevliet. Ia datang ke Hindia Belanda pada 1913 dan langsung mendirikan ISDV. Sebelumnya, Sneevliet adalah petinggi persatuan buruh kereta api dan trem di Belanda tahun 1909.

Melalui ISDV, Sneevliet berhasil mempengaruhi kader-kader partai Sarekat Islam atau SI. Hal tersebut menyebabkan SI terpecah menjadi 2 kubu, yakni SI Merah dan SI Putih. 5 tahun setelah tiba di Hindia Belanda, pemerintah kolonial mengusir Sneevliet dan iapun terpaksa kembali ke negerinya.

Baca juga: Horor! Gua Grubug Tempat Eksekusi Simpatisan PKI, Banyak Ditemukan Tulang Belulang

Lantas, apakah kepergian Sneevliet menjadi pertanda komunis juga hengkang dari Tanah Air? Jawabannya adalah tidak. Kader terbaik ISDV seperti Dharsono dan Semaun langsung mengambil alih ISDV. Partai ini berganti nama menjadi Perserikatan Komunis Hindia Timur, baru kemudian menjadi PKI.

PKI menjadi partai terlarang usai melakukan pemberontakan tahun 1926-1937 di Banten dan Silungkang. Para anggota PKI menyasar kediaman Asisten Wedana, Mas Wiriadikoesomo dan melumpuhkan polisi pengawalnya. Sementara, Mas Wiriadikoesomo beserta keluarganya dibawa ke Caringin.

Baca berita selengkapnya di sini: G30SPKI: Ini Sejarah Singkat PKI, Awal Berdiri, Pemberontakan hingga Jadi Partai Terlarang

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini