Share

Miliki Karier Gemilang di TNI, Ini 5 Anak dan Cucu Jenderal Pemberantas PKI

Tim Okezone, Okezone · Jum'at 30 September 2022 15:17 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 30 337 2678210 miliki-karier-gemilang-di-tni-ini-5-anak-dan-cucu-jenderal-pemberantas-pki-gTYQmB5OKL.jpg Pramono Edhie/Foto: Okezone

JAKARTA - Peristiwa Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia (G30SPKI) adalah bagian dari sejarah kelam Indonesia.

Meskipun hampir 57 tahun berlalu, tragedi berdarah itu masih lekat dalam ingatan masyarakat Indonesia.Pemberontakan pada subuh berdarah tersebut telah menewaskan 7 perwira Angkatan Darat.

(Baca juga: Horor! Gua Grubug Tempat Eksekusi Simpatisan PKI, Banyak Ditemukan Tulang Belulang)

Perjuangan para pahlawan revolusi dan jenderal pemberantas G30SPKI dalam menjaga NKRI tersebut dilanjutkan oleh anak dan cucu mereka yang berkarier di militer. Bahkan diantara mereka ada yang sukses meraih jenderal bintang 4.

Berikut ini deretan anak dan cucu pahlawan revolusi maupun jenderal pemberantas PKI yang berkarier di militer dilansir beragam sumber, Jumat (30/9/2022).

1. Jenderal (Purn) Pramono Edhie Wibowo

Jenderal Pramono Edhie Wibowo merupakan putra dari komandan RPKAD atau Kopassus, Jenderal Sarwo Edhie Wibowo, salah satu tokoh yang ikut serta dalam penumpasan PKI.

Adik ipar Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono, ini mempunyai karier yang cemerlang di TNI. Jabatan terakhirnya adalah Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD).

2. Agus Harimurthi Yudhoyono (AHY)

Agus Harimurthi Yudhoyono (AHY) saat ini menjabat sebagai Ketua Umum Partai Demokrat. Putra SBY ini memutuskan mundur dari militer karena didapuk menjadi Calon Gubernur DKI Jakarta.

3. Letkol Inf. Danang Prasetyo Wibowo

Letkol Danang merupakan putra dari mantan Pangkostrad Letjen Purn Erwin Sudjono, yang merupakan menantu dari Jenderal Sarwo Edhie Wibowo.

Follow Berita Okezone di Google News

4. Letjen (Purn) Hotmangaradja Pandjaitan

Letjen Hotmangaradja Pandjaitan merupakan anak dari Mayjen TNI (Anumerta) Donald Isaac Pandjaitan atau DI Pandjaitan, salah satu pahlawan revolusi.

Ia berasal dari kesatuan Infanteri - Baret Merah (Kopassus) angkatan 1977. Ia menjadi Duta Besar Indonesia untuk Prancis, Andorra dan Monako serta UNESCO pada periode 2014-2019.

5. Mayor Inf Jeremiah Sesa Mangaradja Pandjaitan

Anak kedua dari Hotmangaradja yakni Mayor Inf Jeremiah Sesa Mangaradja Pandjaitan juga ikut terjun ke dunia militer Indonesia. Pria kelahiran Jakarta, 23 November 1986 ini merupakan perwira TNI AD Lulusan Akmil 2008. Semenjak tamat dari Akmil, ia menjalani pendidikan militer di Indonesia hingga ke Amerika.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini