Share

Sidang Ferdy Sambo Bakal Dipindahkan dari PN Jaksel?

Martin Ronaldo, MNC Portal · Jum'at 30 September 2022 12:39 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 30 337 2678030 sidang-ferdy-sambo-bakal-dipindahkan-dari-pn-jaksel-qahQcfqJwL.jpg Ferdy Sambo. (Foto: Ant)

JAKARTA - Terdapat sejumlah usulan yang masuk terkait wacana pemindahan lokasi sidang Ferdy Sambo Cs dari Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Selain itu, pihaknya juga akan menyiapkan safe house untuk para hakim yang menjadi pengadil dalam sidang tersebut.

"KY sedang merumuskan respons konkret terhadap hal ini, dengan mempertimbangkan berbagai usulan. Misalnya, ada wacana safe house atau temporary relocation mechanism terhadap para hakim, terutama apabila perkara ini tetap disidangkan di PN Jakarta Selatan. Ada juga usulan untuk mendorong pemindahan lokasi sidang dengan persetujuan Ketua MA," kata juru bicara Komisi Yudisial (KY) Miko Ginting kepada wartawan, Jumat (30/9/2022).

Komisi Yudisial, kata dia, akan terus berkomunikasi dengan pimpinan MA terkait teknis persidangan Ferdy Sambo Cs.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

KY juga memiliki kewenangan langsung untuk memantau jalannya persidangan. Hal ini betujuan untuk menjaga kemandirian dan pencegahan tindakan pelanggaran kode etik.

"Yang pasti, keseimbangan antara keamanan dan keselamatan hakim dan para pihak, akses dan partisipasi publik, serta integritas pembuktian, perlu diusahakan bersama. KY senantiasa mendukung para hakim untuk menjaga dan menegakkan kemandiriannya," jelasnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini