Share

4 Fakta Soal DN Aidit PKI yang Belum Banyak Orang Tahu, Namanya Terinspirasi dari Pangeran Diponegoro

Cita Zenitha, MNC Portal · Jum'at 30 September 2022 11:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 30 337 2677980 4-fakta-soal-dn-aidit-pki-yang-belum-banyak-orang-tahu-namanya-terinspirasi-dari-pangeran-diponegoro-WGiwXqvTq8.jpg DN Aidit (Foto: Istimewa)

JAKARTA- Ini 4 fakta soal DN Aidit PKI yang belum banyak orang tahu. eristiwa G30SPKI tidak terlepas dari Dipa Nusantara (DN) Aidit. Dia adalah Ketua Central Comitte Partai Komunis Indonesia (CC-PKI) yang dihukum mati Soeharto. DN Aidit adalah salah satu dalang dari tragedi pembantaian para jenderal 30 September 1965.

DN Aidit pertama kali mengetahui komunisme ketika ia bergabung dengan Perhimpunan Demokratik Sosial Hindia Belanda. Melalui organisasi ini ia belajar banyak tentang teori komunikasi politik Marxis. Dari sana ia diangkat menjadi sekretaris jenderal dan membangun Partai Komunis Indonesia menjadi partai politik besar.

Pada masa kepemimpinannya, DN Aidit mendirikan berbagai kelompok masyarakat seperti Barisan Tani Indonesia (BTI), Gerwani, Pemuda Rakyat dan Lekra. Ia juga diduga sebagai biang keladi Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Kali ini Okezone akan membahas 4 fakta soal DN Aidit PKI yang belum banyak orang tahu

1. Ditembak di Pohon Pisang

DN Aidit melarikan diri ke Yogyakarta. Namun dalam aksi kaburnya, Aidit ditangkap oleh pasukan Brigade Infantri IV Kostrad di kampung dekat Stasiun Solo Balapan.

Kabar yang beredar, tokoh PKI itu ditembak mati di dekat sumur tua menggunakan senjata AK-47 di tengah kebun pisang.

2. Sebelum meninggal, Minum Kopi

Aidit sempat menikmati kopi dan rokok. Bahkan, saat akan dibawa, Aidit sempat meminta rokok.

"Boleh ya rokok ini saya bawa," kata Aidit. Lalu, seorang tentara yang menangkapnya menjawab.

"Bawa saja rokok itu. Nanti buat rokok-an bersama Gatot Subroto," katanya menyiratkan bahwa Aidit akan segera menyusul Jenderal Gatot Subroto yang telah meninggal pada tahun 1962.

3. Namanya Diambil Dari Nama Pangeran Diponegoro

DN Aidit lahir di Belitung tanggal 30 Juli 1923, ia menghabiskan masa mudanya di Medan sebelum pindah ke Jakarta. Tak ada yang tahu bahwa nama asli DN Aidit adalah Achmad Aidit. Ia mengubah namanya menjadi Dipa Nusantara Aidit karena terinspirasi oleh idolanya yaitu Pangeran Diponegoro.

4. Pernah Menjadi Loper Koran

Walau menjabat sebagai sebagai ketua partai, Aidit tetap bekerja sebagai loper koran Harian rakyat. Tujuan dari menjadi loper koran adalah membangun citra politik di hadapan rakyat. Karena baginya membangun citra tidak hanya ketika pemilu saja.

Itulah 4 fakta soal DN Aidit PKI yang belum banyak orang tahu.

(RIN)

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini