Share

Langgar Ketentuan Verifikasi Adminstrasi Via Video Call WA, Bawaslu Semprot KPU

Bachtiar Rojab, MNC Media · Jum'at 30 September 2022 10:34 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 30 337 2677926 langgar-ketentuan-verifikasi-adminstrasi-via-video-call-wa-bawaslu-semprot-kpu-kUGFTWaUSn.jpg Foto: Okezone

JAKARTA - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) menegur Komisi Pemilihan Umum (KPU) karena diduga telah melanggar ketentuan tahap verifikasi administrasi (Vermin) pada peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

 (Baca juga: 4 Tokoh yang Siap Maju Pilpres 2024, Ada Mantan Pasukan Elite Kopassus)

Anggota Bawaslu, Fuadi mengatakan, adanya praktik vermin yang dilakukan KPU tersebut telah melanggar Pasal 39 ayat 1 yang mewajibkan verifikasi secara fisik. Sehingga, kata Fuadi, dengan adanya praktik tersebut memperlihatkan inkonsistensi dari KPU itu sendiri.

"Tapi, KPU memerintahkan kepada anak buahnya via WA dan surat edaran hal itu bisa dilakukan melalui video call. Padahal, di 39 ayat 1 itu melalui fisik. Berarti inkonsistensi ya," ujar Fuadi kepada wartawan, Kamis (29/9/2022).

Menurutnya, dugaan tersebut berasal dari laporan yang Ia dapatkan dari pihak KPU Provinsi maupun Kota di daerah lain.

"Bawaslu menyampaikan ke KPU dengan memberikan saran perbaikan. Eh saran perbaikan itu tidak dilanjuti oleh KPU sehingga menjadi temuan Bawaslu," terangnya.

Kendati demikian, Fuadi menuturkan, terkait adanya pendataan ulang Ia tidak bisa memastikan. Namun yang terpenting, lanjutnya, KPU perlu konsisten dalam menjalankan mekanisme tersebut.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

"Kita akan lihat putusan nya seperti apa, mekanismenya seperti apa. Mau tidak mau KPU harus menjalankan putusan apa yang dikeluarkan oleh Bawaslu. Dan ingat pelanggaran administrasi itu final mengikat," tegasnya.

"Tapi kami minta konsistensi KPU. Sepanjang aturannya harus fisik ya fisik,"pungkasnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini