Share

Kisah Tokoh PKI Njoto Terlihat Pucat Hadiri Rapat Kabinet Setelah G30S

Solichan Arif, Koran Sindo · Jum'at 30 September 2022 06:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 29 337 2677654 kisah-tokoh-pki-njoto-terlihat-pucat-hadiri-rapat-kabinet-setelah-g30s-Yz58gMBg5H.jpg Njoto bersama istri dan anak-anaknya.

JAKARTA – Pada 5 November 1965, lima hari setelah gagalnya pemberontakan G30SPKI, Petinggi Partai Komunis Indonesia (PKI), Njoto terlihat di Istana Bogor. Menteri Negara dalam Kabinet Dwikora Soekarno itu terlihat lesu, pucat, dan tidak bersemangat.

Dalam autobiografinya Oei Tjoe Tat menceritakan bahwa saat itu menteri kabinet lain menjauhi dan tidak mau berbicara dengan Njoto, Entah takut disangkutpautkan dengan operasi 30 September 1965 atau karena alasan lain, semua menjaga jarak darinya.

Meski seorang tokoh puncak PKI, Njoto tidak mengetahui mengenai rencana pembunuhan tokoh-tokoh Angkatan Darat dalam peristiwa 30 September itu. Menurut Sejarawan John Roosa, seniman yang juga tokoh propaganda partai itu sudah lama dijauhkan DN Aidit dari proses pengambilan keputusan penting di Politbiro PKI karena dianggap Soekarnois dibanding Komunis.

Saat ditanya oleh Oei Tjoe Tat, Njoto menggelengkan kepala. "Kacau, semua kacau. Kok sampai begini jadinya," keluhnya dengan suara lirih.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Pada sidang kabinet kedua, 6 November 1965, Njoto yang kembali hadir sebagai perwakilan PKI menuduh ada pihak asing dalam gerakan G30S. Dia mengatakan: "Memang ada oknum-oknum PKI yang terlibat. Tetapi juga ada oknum-oknum CIA (Central Intelligence Agency, dinas intelijen Amerika Serikat)."

Pada akhirnya, Njoto, seperti banyak tokoh dan simpatisan PKI lainnya, terkena “pembersihan”dan dibunuh pada 1965 dalam pembantaian massal yang terjadi di seluruh Indonesia. Dia menjadi salah satu dari ratusan ribu, bahkan jutaan orang komunis yang dibantai sebagai dampak dari G30S PKI antara 1965-1966.

Baca Berita Selengkapnya: Kisah Njoto, Tokoh PKI yang Masih Hadir dalam Rapat Kabinet Usai G30SPKI

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini