Share

4 Tokoh yang Siap Maju Pilpres 2024, Ada Mantan Pasukan Elite Kopassus

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Jum'at 30 September 2022 05:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 29 337 2677414 4-tokoh-yang-siap-maju-pilpres-2024-ada-mantan-pasukan-elite-kopassus-zGn8OFmhiC.jpg Anies Baswedan (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Indonesia akan digelar pada 2024. Meski, masih 2 tahun lagi, sudah ada beberapa tokoh yang menyatakan siap ikut serta sebagai peserta pemilu.

Berikut daftarnya:

1. Prabowo Subianto

Menteri Pertahanan (Menhan) sekaligus Ketua Partai Gerindra Prabowo Subianto menyatakan kesiapannya untuk maju dalam pemilu 2024 sebagai calon presiden. Hal tersebut dikatakan Prabowo ketika menyampaikan pidato di Rapimnas Gerindra pada 12 Agustus 2022.

BACA JUGA:Survei CSIS: Elektabilitas Anies Baswedan Ungguli Prabowo dan Ganjar di Pilpres 2024 

Menyoroti kekalahannya dalam pilpres sebelumnya, menurut mantan Danjen Kopasasus itu, kalah atau jatuh adalah hal biasa sebagai seorang pejuang. Setelah jatuh, pejuang harus bisa bangkit kembali.

Diketahui, Prabowo sudah maju dalam 3 pilpres, yakni pada 2009, 2014, dan 2019, namun belum sekalipun terpilih menjadi presiden.

2. Anies Baswedan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku siap untuk maju dalam Pilpres 2024 mendatang. Pernyataan itu disampaikan Anies ketika diwawancara dengan kantor berita Reuters, September 2022. Nama Anies sebagai salah satu kandidat capres memang sudah dibicarakan banyak pihak. Meskipun begitu, ia ingin tetap fokus untuk menyelesaikan tugasnya sebagai Gubernur DKI Jakarta yang akan berakhir tak lama lagi.

 BACA JUGA:SBY Sebut Pilpres 2024 Diatur 2 Paslon, Mahyudin: Jangan Hanya Lempar Isu, Perlu Data & Bukti!

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Sementara itu, nama Anies juga selalu berada di 3 besar tingkat keterpilihan capres potensial, berdasarkan hasil lembaga survei. Contohnya adalah Poltracking yang menyebutkan elektabilitas Anies berada di posisi 3 dengan 17,7%, di bawah Ganjar Pranowo (26,6%) dan Prabowo Subianto (19,7%).

3. Sandiaga Uno

Sandiaga Uno juga menyatakan kesiapannya untuk kembali maju menjadi peserta Pilpres 2024. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif itu akan maju apabila ada partai politik yang bersedia mengusungnya.

Sandi, sapaan akrab Sandiaga Uno, menyerahkan pencalonan dirinya kepada partai politik tersebut. Bersama Prabowo Subianto, Sandiaga Uno maju pada pilpres 2019 dengan menjadi cawapres. Sayangnya, pasangan Prabowo-Sandi harus menerima kekalahan dari pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin.

4. Muhaimin Iskandar

Tokoh lain yang juga menyatakan siap maju dalam Pilpres 2024 adalah Ketua Umum PKB (Partai Kebangkitan Bangsa) Muhaimin Iskandar. Menurut , sudah waktunya Indonesia dipimpin oleh kaum santri.

Pria yang disapa Cak Imin atau Gus Muhaimin ini menyebut bahwa Jember adalah kota yang akan menjadi basis pemilih PKB dan NU, serta mempunyai posisi penting dalam proses pemenangan dirinya. Sebenarnya, Muhaimin sudah menyatakan kesiapannya mengikuti pilpres sejak Agustus 2021 silam. Ia merasa bahwa mencalonkan diri sebagai capres adalah sebuah tantangan tersendiri.

Diolah dari berbagai sumber/Ajeng Wirachmi-Litbang MPI

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini