Share

Soal Usulan Safe House Bagi Jaksa saat Sidang Ferdy Sambo, Ini Reaksi KY

Binti Mufarida, Sindonews · Kamis 29 September 2022 13:54 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 29 337 2677379 soal-usulan-safe-house-bagi-jaksa-saat-sidang-ferdy-sambo-ini-reaksi-ky-6gpX8Mpbxb.jpg Ferdy Sambo (Foto: Antara)

JAKARTA - Komisi Yudisial (KY) merespons usulan Komisi Kejaksaan (Komjak) agar jaksa penuntut umum (JPU) yang menangani berkas perkara Irjen Ferdy Sambo ditempatkan di safe house saat proses persidangan berlangsung.

Juru Bicara KY memastikan pihaknya akan hadir dalam bentuk kewenangan pemantauan dalam persidangan kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir J tersebut.

“Tujuannya untuk menjaga kemandirian hakim,” kata Miko dalam keterangan resmi yang diterima, Kamis (29/9/2022).

Miko mengatakan muara dari kewenangan pemantauan ini ada dua, pertama untuk menjaga agar hakim tidak melakukan pelanggaran kode etik dan pedoman perilaku hakim.

“Kedua, untuk menjaga agar hakim tidak direndahkan kehormatannya, misalnya melalui intimidasi atau iming-iming,” paparnya.

Baca juga: Jelang Sidang Ferdy Sambo Cs, KY Siapkan Mitigasi Pantau Kemandirian Hakim

Selain itu, Miko mengatakan KY sedang merumuskan respons konkret terhadap hal ini, dengan mempertimbangkan berbagai usulan.

Baca juga: Jokowi Kecewa Pemberantasan Korupsi Gembos di MA, Ini Respons KY

“Misalnya, ada wacana safe house atau temporary relocation mechanism terhadap para hakim, terutama apabila perkara ini tetap disidangkan di PN Jakarta Selatan.”

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Miko pun mengatakan pihaknya akan melakukan komunikasi dengan pimpinan Mahkamah Agung (MA) terkait adanya usulan untuk mendorong pemindahan lokasi sidang terutama dengan persetujuan Ketua MA.

“KY akan membuka komunikasi dengan pimpinan MA. Karena MA pasti juga sedang merumuskan mitigasi risiko terhadap situasi ini. Apalagi ini bukan kali pertama MA mengelola persidangan yang sifatnya high profile,” katanya.

“Yang pasti, keseimbangan antara keamanan dan keselamatan hakim dan para pihak, akses dan partisipasi publik, serta integritas pembuktian, perlu diusahakan bersama. KY senantiasa mendukung para hakim untuk menjaga dan menegakkan kemandiriannya,” tegas KY.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini