Share

Mengenal Willem-Alexander, Raja Belanda Pertama dalam 120 tahun

Rina Anggraeni, Okezone · Kamis 29 September 2022 11:19 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 29 337 2677240 mengenal-willem-alexander-raja-belanda-pertama-dalam-120-tahun-OcqT4GawDo.jpg Raja Belanda (Foto: AFP)

JAKARTA- Mengenal Willem-Alexander, Raja Belanda pertama dalam 120 tahun menarik diulas. Setelah 123 tahun dikepalai oleh seorang ratu, Belanda akan segera menobatkan raja baru yaitu Pangeran Willem-Alexander. Pangeran Alexander akan menjadi Raja Belanda pertama yang menjabat setelah Raja Willem III.

Raja Belanda

Pangeran Alexander lahir pada 27 April 1967 dan tinggal di Kastil Drakensteyn hingga ibunya, Ratu Beatrix, naik takhta. Setelah itu, Pangeran Alexander pindah ke Denhaag. Sang pangeran dari Negeri Kincir Angin itu menjalani studinya di sekolah umum dan meneruskan studi di United World College of Atlantic di Wales.

Mengenal Willem-Alexander, Raja Belanda pertama dalam 120 tahun ini menuntut ilmu di institusi pendidikan bertaraf internasional, Pangeran Willem-Alexander juga sempat menjalankan dinas di angkatan bersenjata. Usai menyelesaikan dinas militer, Pangeran Willem-Alexander kembali meneruskan studi sejarahnya di Universitas Leiden.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Pangeran flamboyan ini terkenal dengan hobinya yakni berpesta pora, oleh karena itu ia dijuluki dengan nama Pangeran Pils (bir).

Dalam tataran internasional, Pangeran Willem-Alexander juga dinyatakan cukup aktif. Putera Mahkota Belanda itu sempat menjadi badan penasihat Sekretaris Jenderal Perserikatan bangsa-Bangsa (Sekjen PBB) untuk isu air dan sanitasi. Dirinya juga aktif dalam dunia olah raga dan menjadi anggota di Komite Olimpiade Internasional.

Pada 3 Juli 2001, pria berusia 45 tahun itu didera masalah kontroversi usai dirinya menikahi Máxima Zorreguieta. Perempuan itu tak lain adalah putri dari mantan anggota junta militer Argentina. Lewat pernikahannya dengan Máxima Zorreguieta, Pangeran Willem-Alexander dikaruniai tiga orang anak, Catharina-Amalia, Alexia dan Ariane.

Sejumlah pihak berharap, Pangeran Willem-Alexander akan menyandang gelar Willem IV. Gelar itu juga disandang oleh Raja Willem III yang berkuasa pada 1817 hingga 1890 silam. Seperti diketahui, nama Raja Willem III adalah Willem-Alexander Paul Frederik Lodewijk.

Raja Willem III tak lain adalah putra dari Willem II dan Permaisuri Anna Pavlovna dari Rusia. Raja Willem III juga sempat berdinas di militer.

Pangeran Willem-Alexander akan naik takhta pada 30 April mendatang untuk menggantikan ibunya yang berusia 74 tahun. Ratu Beatrix juga sudah mengutarakan pengunduran dirinya lewat siaran nasional pada Senin lalu. 

(RIN)

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini