Share

5 Fakta Pengacara Baru Putri Candrawathi, Ada Mantan Pegawai KPK Febri Diansyah

Tim Okezone, Okezone · Kamis 29 September 2022 07:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 28 337 2676976 5-fakta-pengacara-baru-putri-candrawathi-ada-mantan-pegawai-kpk-febri-diansyah-zkSjy4awCI.jpg Febri Diansyah (Foto: Antara)

JAKARTA - Kasus pembunuhan Brigadir J, yang melibatkan istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi kini dikawal oleh sosok yang sebelumnya berkecimpung di pemberantasan korupsi. Dia adalah Febri Diansyah, mantan Juru Bicara KPK yang kini menjadi pengacara Putri Candrawathi.

Berikut fakta-faktanya:

1. Febri Diansyah Bergabung Beberapa Minggu Lalu

Febri Diansyah mengakui kalau dirinya tergabung dalam tim kuasa hukum Putri Candrawathi. "Ya, saya memang diminta bergabung di tim Kuasa Hukum perkara tersebut sejak beberapa minggu lalu," ujarnya di Jakarta, Rabu 28 September 2022.

2. Febri Diansyah Janji Akan Objektif 

Febri mengaku menjadi tim kuasa hukum setelah mempelajari perkara Putri Candrawathi. Dirinya pun memastikan akan bekerja secara objektif.

"Setelah saya pelajari perkaranya dan bertemu dengan Bu Putri, saya sampaikan bahwa kalaupun saya menjadi kuasa hukum, saya akan dampingi secara objektif," kata Febri.

"Jadi, sebagai Advokat saya akan dampingi perkara Bu Putri secara objektif dan faktual," imbuhnya.

3. Febri Diansyah Aktivis Antikorupsi 

Tak hanya pernah menjadi juru bicara KPK, Febri Diansyah merupakan aktivis antikorupsi. Dia pernah tergabung dalam Indonesia Corruption Watch (ICW).

Pada Desember 2016, Febri Diansyah didaulat menjadi juru bicara KPK. Kemudian, mundur dari KPK pada September 2020.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

4. Reaksi Kuasa Hukum Bharada E

Pengacara Bharada E, Ronny Talapessy pun tak mau berkomentar banyak terkait hal itu lantaran itu menjadi hak hukum keduanya.

"Itu menjadi hak hukumnya. Saya tak bisa komentar, itu ranahnya sana ya, tapi prinsipnya kami siap menghadapi persidangan," ujar pengacara Bharada E, Ronny Talapessy pada wartawan, Rabu 28 September 2022.

Menurutnya, pihaknya meminta dukungan dari publik agar Bharada E bisa mendapatkan keadilan, khususnya bisa dibebaskan dari segala macam tuduhan terkait kematian Brigadir J. 

Pihaknya juga bakal membuktikan kalau kliennya itu hanya dibawah perintah dan adanya intimidasi terkait keterlibatannya.

5. Bela Putri Candrawathi

Dalam perkara pembunuhan Brigadir J, Polri telah menetapkan lima orang tersangka dalam kasus pidana pembunuhan berencana Brigadir J. Mereka adalah, Ferdy Sambo, Bharada E, asisten rumah tangga sekaligus supir Kuat Ma'ruf dan Bripka Ricky Rizal, serta Istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi.

Dalam kasus ini, Polri memastikan bahwa tidak ada peristiwa tembak menembak. Faktanya adalah, Bharada E disuruh menembak Brigadir J oleh Ferdy Sambo.

Ferdy Sambo pun diduga memainkan perannya sebagai pihak yang melakukan skenario agar kasus Brigadir J muncul ke publik dengan isu baku tembak.

Ferdy Sambo menembak dinding di lokasi kejadian dengan pistol milik Brigadir J agar seolah-olah itu merupakan tembak menembak.

Kini, Febri Diansyah menjadi bagian tim kuasa hukum yang akan membela Putri Candrawathi.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini