Share

5 Fakta Granat Meledak di Cilincing, Beratnya 2 Kg dan Mau Dijual Penemunya

Tim Okezone, Okezone · Kamis 29 September 2022 06:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 28 337 2676966 5-fakta-granat-meledak-di-cilincing-beratnya-2-kg-dan-mau-dijual-penemunya-W8R6WAm7iv.jpg Lokasi ledakan granat di Cilincing, Jakarta Utara (Foto: Yohannes Tobing)

JAKARTA - Granat meledak di permukiman padat penduduk Jalan Tipar Timur RT 08 RW 04, Kelurahan Semper Barat, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara, pada Rabu 28 September 2022 pagi.

Berikut fakta-faktanya: 

1. Satu Orang Terluka

Ledakan granat yang terjadi di permukiman padat penduduk Jalan Tipar Timur RT 08 RW 04, Kelurahan Semper Barat, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara mengakibatkan satu orang terluka. 

Korban bernama Rahmat (19). Dia mengalami luka-luka baik di telapak tangan dan kaki kanan. BACA JUGA:Granat yang Meledak di Cilincing Ternyata Digunakan Kopassus Inggris SAS, Ini Penampakannya

2. Dikira Bukan Granat 

Rahmat mengatakan, kejadian tersebut bermula ketika dirinya hendak mengutak-atik sebuah benda. Ia tak tahu benda tersebut merupakan granat aktif.

"Saya enggak tahu (itu granat)," ucap Rahmat.

3. Beratnya 2 Kg dan Mau Dijual

Menurut Rahmat, usai penemuan benda tersebut, ingin dijual. Mengingat beratnya mencapai 2 Kilogram. 

"Saya temuin dan rencana mau kiloin, timbang beratnya sekitar dua kilo, saya bawa di jok motor ini. Pagi-pagi malah sudah aktif," ujarnya.

Rahmat mengungkapkan usai memeriksa atau mengutak-atik granat tersebut, pelatuk granat tiba-tiba terlepas dari posisinya. Dalam hitungan detik granat langsung meledak.

"Pelatuknya lepas sendiri. Saya kurang tahu asap atau api yang keluar tapi kondisi mata saya langsung buram dan kuping juga langsung nging," ujarnya.

 BACA JUGA:TNI AU Dalami Penemuan Granat Asap dan Amunisi Peluru di Pondok Gede

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

4. Gegana Turun Tangan 

Tim Gegana turun tangan melakukan pemeriksaan dan evakuasi granat untuk ditindaklanjuti.

Selain itu, ada juga sejumlah aparat baik dari TNI, kepolisian, dan Satpol PP terlihat masih berjaga di lokasi ledakan.

5. Granat Kopassus Inggris 

Berdasarkan informasi yang didapat, ledakan granat tersebut merupakan berasal dari granat kejut (flashbang). Hal ini terlihat dari dokumentasi atau foto yang didapat dari lokasi ledakan.

Hasil penelusuran MNC Portal, jenis granat kejut atau Flashbang ini biasanya dipakai oleh pasukan khusus di berbagai negara atau pertama kali digunakan oleh pasukan elite Inggris special air service (SAS).

Keberadaan atau diciptakannya granat ini adalah untuk membingungkan atau mengalihkan perhatian musuh baik dalam medan perang maupun lokasi pertempuran selama beberapa detik.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini