Share

5 Fakta Granat di Pondok Gede, Rumahnya Dahulu Dihuni Pensiunan Perwira TNI AU

Tim Okezone, Okezone · Kamis 29 September 2022 05:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 28 337 2676960 5-fakta-granat-di-pondok-gede-rumahnya-dahulu-dihuni-pensiunan-perwira-tni-au-wRy9dlSmke.jpg Granat asap (Foto: Jonathan Simanjuntak)

JAKARTA - Penemuan granat asap di rumah kontrakan di Jalan Kemang Sari 2 RT 02/RW 011, Kelurahan Jatibening Baru, Kecamatan Pondok Gede, Kota Bekasi menggegerkan warga.

Berikut fakta-faktanya:

1. Penemuan Granat Asap

Kapolsek Pondok Gede, Kompol Herman Edco Wijaya Simbolon mengatakan, benda ditemukan pertama kali pada Senin 26 September 2022. Saat itu, ada laporan dari warga soal temuan benda mencurigakan.

"Pemilik rumah atas nama ibu U, (ditemukan granat asap) saat dia membersihkan rumah kontrakan," kata Herman ketika dimintai konfirmasi, Selasa 27 September 2022.

BACA JUGA: Panglima TNI Ubah Syarat Tinggi Badan Taruna, Pengamat: Sudah Melalui Uji Kelayakan 

2. Selain Granat Asap, Ditemukan Ratusan Amunisi

Di rumah kontrakan tersebut ternyata bukan hanya ada granat asap. Namun, juga ditemukan ratusan amunisi.

“(selongsong peluru) juga sudah kita serahkan ke Gegana, jadi sekarang masih dalam penyelidikan,” kata Kanit Reskrim Polsek Pondok Gede, AKP Tamat, Selasa 27 September 2022.

Pihak kepolisian berusaha mengidentifikasi kepemilikan granat asap dan amunisi tersebut. Hal ini dengan mengidentifikasi siapa-siapa saja yang pernah mengontrak di rumah tersebut.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

3. Kontrakan Pernah Dihuni Pensiunan TNI

 

Kepala Dinas Penerangan TNI AU Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah mengatakan, purnawirawan yang mengontrak di rumah tersebut yakni Harun Al Rasyid seorang perwira menengah.

“Rumah tersebut pernah dikontrak oleh purnawirawan TNI AU yang ditempati pembantunya," ujarnya, Rabu 28 September 2022.

Selama menempati kontrakan tersebut, kata Kepala Dinas Penerangan TNI AU Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah, pensiunan TNI AU tersebut, memang menyimpan barang sejak 2009 lalu.

"Di rumah tersebut, yang bersangkutan juga menyimpan barang-barang yang dilakukan sejak tahun 2009 lalu," ujar Kadispenau.

4. Pensiunan TNI Sudah Meninggal

Rumah tersebut pernah dikontrak oleh salah seorang purnawirawan TNI AU atas nama Harun Al Rasyid berpangkat perwira menengah.

Terakhir berdinas di Mabes TNI AU, yang bersangkutan pada tahun 2000 memasuki masa purnawirawan dan sudah meninggal dunia pada tahun 2021 lalu.

5. TNI AU Dalami Pemilik Amunisi

Meski rumah kontrakan tersebut pernah dihuni pensiunan TNI AU, Kepala Dinas Penerangan TNI AU Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah mengatakan, masih perlu mendalami kepemilikan granat asap dan amunisi tersebut.

Pihaknya akan mendalami asal usul benda tersebut. "Terkait penemuan granat asap dan peluru di rumah tersebut, saat ini sedang dilakukan penyelidikan asal usulnya oleh TNI AU," katanya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini