Share

Luweng Grubug Saksi Bisu Penumpasan Ribuan Anggota PKI, Sering Tercium Bau Anyir

Tim Okezone, Okezone · Rabu 28 September 2022 17:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 28 337 2676861 luweng-grubug-saksi-bisu-penumpasan-ribuan-anggota-pki-sering-tercium-bau-anyir-qR0HpSGzTg.jpg Luweng Grubug (Foto : MPI)

GUNUNGKIDUL - Luweng Grubug di Gunungkidul jadi saksi bisu penumpasan ribuan anggota Partai Komunis Indonesia (PKI). Bahkan, masih sering tercium bau anyir di lokasi hingga kini.

Puluhan ribu anggota partai terlarang di Indonesia ini ditumpas oleh rezim Orde Baru kala itu. Luweng Grubuk sendiri terletak di dusun Jetis Wetan, Kalurahan Pacarejo Semanu, Gunungkidul.

"Dulu para anggota PKI dibawa pakai truk dan parkir di perempatan jalan dan berjajar. Kemudian mereka dirantai dan diminta berjalan menuju Luweng Grubug," tutur Santoso warga Kuwangen Lor , Pacarejo Semanu kepada MNC Portal Indonesia.

Puluhan tahun setelah peristiwa itu, bau anyir masih tercium di lokasi. Bahkan, Hingga saat ini warga sekitar masih sering mendengar suara jeritan dari luweng tersebut. "Ini tadi ada asap kan keluar dan bau anyir," lanjutnya.

Untuk mendekati luweng yang dinamakan Luweng Grubug ini, ada sebuah jalur jalan petani sekitar di musim kemarau. Namun ketika musim penghujan tidak nampak lagi jalur sempit itu lantaran digunakan untuk lahan bertani.

Semakin dekat suara gemuruh air semakin keras terdengar. Nampak luweng besar atau disebut sinkhole menganga dengan tumbuhan di tengah-tengah yang menjulang.

Kejadian pembunuhan ribuan anggota PKI terjadi selama beberapa tahun. Semua dilakukan tengah malam oleh anggota tentara dengan seragam dan senjata lengkap. Pemberantasan PKI ini terjadi sejak tahun 1966 hingga 1969. Bahkan ada yang sampai pagi hari sehingga warga takut keluar rumah untuk ke pasar. Mereka dihentikan tidsk beraktivitas sebelum aksi tentara selesai.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Saat mendekati lokasi, kepulan asap keluar disertai bau anyir. Perlahan lahan asap hilang dan hanya suara derasanya air di bawah tanah dengan kedalaman sekitar 90 meter.

Hingga saat ini tidak ada data resmi berapa para anggota PKI yang dihabiskan secara masal di Luweng Grubug. Namun warga percaya jika jumlahnya mencapai puluhan ribu. Kepercayaan ini karena pembantaian selama beberapa tahun dan tiap malam dilakukan.

Meskipun keramat, namun Luweng Grubuk menyimpan eksotisme luar biasa lewat cahaya surga. Sejak dibuka menjadi destinasi wisata minat khusus Gua Jomblang. Wisatawan bisa menikmati keindahan siluet sinar matahari dari dasar goa.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini