Share

Kedapatan Minta Pungli ke Komika Soleh Solihun saat Urus STNK, Oknum PHL Diberhentikan

Ari Sandita Murti, Sindonews · Rabu 28 September 2022 15:12 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 28 337 2676710 kedapatan-minta-pungli-ke-komika-soleh-solihun-saat-urus-stnk-oknum-phl-diberhentikan-Ph1N88jwvV.jpg Ilustrasi (Foto: Dokumentasi Okezone)

JAKARTA - Petugas harian lepas (PHL) di Samsat Jakarta Selatan diberhentikan polisi lantaran kedapatan melakukan pungutan liar (pungli) terhadap komika Soleh Solihun saat memperpanjang STNK-nya di Samsat Jakarta Selatan, kawasan Polda Metro Jaya.

"Dia itu sebetulnya merupakan karyawan bantuan di Samsat, inisialnya AS, dia bukan seorang polisi. Saat ini dia sudah diberhentikan," ujar Kanit Samsat Jakarta Selatan, AKP Mulyono saat dikonfirmasi, Rabu (28/9/2022).

Menurutnya, petugas berinisial AS yang melakukan pungutan liar terhadap Komika Soleh itu bukan anggota polisi, dia merupakan pekerja harian lepas. Kepada polisi, AS mengaku baru pertama kali melakukan pungutan liar pada masyarakat yang hendak memproses perpanjangan masa berlaku STNK lima tahunan.

Namun, kata dia, kebetulan warga yang dilakukan pungutan liar itu merupakan seseorang yang terkenal, yang mana peristiwanya pun menjadi viral di media sosial. Adapun pemecatan terhadap AS dilakukan pada Selasa, 27 September 2022 kemarin.

"Per Selasa sore kemarin yang bersangkutan saya pulangi dan sekarang sudah tidak masuk selamanya," katanya.

Adapun Komika Soleh Solihun membagikan ceritanya soal dugaan pungli pajak STNK melalui Twitter miliknya, @solehsolihun pada Selasa, 27 September 2022 kemarin. Soleh mengaku datang ke Polda Metro Jaya saat pagi hari untuk memperpanjang masa berlaku STNK lima tahunan dan melakukan cek fisik kendaraan.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Namun, saat proses cek fisik kendaraan itu, Soleh dimintakan uang Rp 30.000 oleh oknum petugas Samsat Jakarta Selatan di Polda Metro Jaya.

"Perpanjang stnk 5 tahunan. jam 8 pagi sampe samsat di polda metro, langsung cek fisik. bayar 30 ribu. setelah cek fisik, motor diparkir, saya tunggu di ruang ini. jam 8.13, berkas diterima. lanjut lantai 4," tulis Soleh dalam twitter pribadinya.

Tak lama, Solihun kembali menulis di Twitternya kalau Kanit Samsat Jakarta Selatan, AKP Mulyono menghubunginya untuk bertemu terkait soal cuitan yang dibuat ya tentang pungli yang terjadi di Polda Metro Jaya. AKP Mulyono memberitahukan kalau pungli itu dilakukan oleh oknum dan meminta maaf atas peristiwa yang dialaminya itu.

Bahkan, AKP Mulyono berjanji bakal memberikan sanksi pada oknum tersebut dan memastikan kalau cek fisik guna perpanjangan STNK lima tahunan itu gratis, tanpa pungutan biaya. Soleh pun menyarankan di lokasi proses cek fisik agar dapat dituliskan pengumuman gratis dalam melakukan proses tersebut.

"Semoga itikad baik pak Mulyono buat membersihkan pungli dari samsat bisa terus terlaksana. saya tadi kasih saran: pasang pengumuman di tempat cek fisik yang bertuliskan: "CEK FISIK, GRATIS." kata Soleh.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini